24/12/2020

Cara Melaporkan Penipuan Online di situs Pemerintah

Cara Melaporkan Penipuan Online di situs Pemerintah

Saat ini bentuk modus penipuan di forum jual beli semakin marak. Jika gemar melakukan transaksi jual maupun beli secara online sebaiknya berhati-hati. Jika tidak sangat mungkin terjadi kasus penipuan. Mengingat modus penipu saat ini juga semakin canggih, seperti penipu dapat melakukan transfer fiktif hingga penjual tidak bisa membedakan.

membuat laporan terjadinya modus penipuan SMS dan online

 

Tidak hanya penjual, sebagai pembeli juga harus berhati-hati karena banyak toko abal-abal. Misalnya setelah pembeli melakukan order dan memproses pembayaran, penjual justru tidak segera memproses barang atau tidak kunjung datang. Sungguh ironis sekali, dikarenakan seharusnya antara penjual maupun pembeli tercipta sebuah proses transaksi yang menguntungkan kedua pihak.

Modus penipuan juga tidak hanya marak terjadi pada forum jual beli, namun melalui SMS. Di zaman yang semakin canggih, kita juga harus berhati-hati terhadap bentuk penipuan lewat SMS. Seperti isi pesan singkat atau SMS yang menyatakah bahwa kita menang undian maupun hadiah. Umumnya kita justru diminta untuk menghubungi nomor tertera.

Langkah Membuat Laporan adanya Penipuan

Nomor yang tertera pada SMS tersebut akan memandu pengguna untuk melakukan transfer pembayaran. Berperan seolah-olah sebagai customer service yang akan memandu dengan sabar. Namun kemudian menuntun kita untuk melakukan transfer pembayaran ke rekening penipu. Jika kita tidak berhati-hati tentu akan lengah dan mengira hal tersebut wajar dan bukan kebohongan.

Oleh karena itu sebagai pengguna yang kerap berinteraksi dengan dunia online, sebaiknya berhati-hati agar tidak mudah terjebak oleh penipu. Terkadang kita tidak menyadari sedang digiring dalam bentuk penipuan dikarenakan cara yang digunakan pelaku sangat halus.


Cara Melaporkan Penipuan dalam Bentuk SMS


Di zaman yang semakin canggih saat marak sekali penggunaan sosial media, masih saja ada bentuk penipuan lewat SMS. Misalnya bentuk penipuan SMS berhadiah. Nomor kita dinyatakan menang sebuah undian dan berhak mendapatkan hadiah uang maupun emas.

Untuk menangani kasus tersebut, bahkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta operator telepon seluler untuk memblokir nomor yang digunakan menipu korban. Selain itu juga BRTI meminta perusahaan penyedia operator seluler untuk menjalankan sistem SMS berbayar sehingga dapat mengurangi kejahatan dalam bentuk modus penipuan SMS.

Selain sistem SMS berbayar juga mengurangi obral telepon maupun SMS gratis agar pelaku tidak mudah memanfaatkan momen tersebut untuk menipu korban. Jika operator banyak memberikan obral telepon maupun SMS gratis, maka pelaku tentu akan berpikir dua kali untuk melakukan penipuan dikarenakan harus mengeluarkan uang pulsa.

Cara untuk melaporkan bentuk penipuan melalui pesan singkat atau SMS adalah mengadukan kepada BRTI atau Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Kominfo.



Pertama yang dapat Anda lakukan adalah jika mendapatkan nomor tidak dikenal, Anda dapat merekam segala percakapan yang ada atau memfoto pesan melalui SMS tersebut, serta mencantumkan nomor penipu tersebut.

Pelapor membuka layanan pada halaman layanan.kominfo.go.id dan klik menu ADUAN BRTI. Kemudian para pengguna diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan untuk diproses agar tidak terjadi kesalahan. Setelah itu juga melampirkan foto yang diduga sebuah penipuan. Anda juga tentunya diminta untuk melaporkan nomor penipuan pada data yang disediakan.

pengaduan penipuan lewat situs kominfo pemerintah

Kemudian pihak help desk akan memproses lebih lanjut, seperti meminta jasa telekomunikasi untuk memblokir nomor penipu beserta bukti yang ada. Kemudian jasa telekomunikasi akan menindaklanjuti laporan dalam kurun waktu 1x24 jam. Anda hanya tinggal menunggu proses yang berjalan.

Melaporkan Penipuan di Forum Jual Beli Online


Selain penipuan dalam bentuk pesan singkat atau SMS, penipuan dalam forum transaksi jual beli online juga meningkat. Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut, yakni melalui situs lapor.go.id atau melaporkan rekening si penipu kepada pihak bank. Kemudian meminta untuk pemblokiran rekening pada bank milik pelaku.

Untuk melaporkan penipuan pada situs lapor.go.id, Anda hanya tinggal masuk pada laman tersebut dan mengisi form pengaduan. Tulis data-data yang dibutuhkan sesuai instruksi, seperti detail kejadian atau kronologis, meliputi jumlah kerugian, nama akun penipu, dan keterangan lain. Jika ada lampiran berupa foto atau screenshoot dapat Anda sertakan untuk bukti penguat.

Sementara jika pengaduandilakukan dengan cara melaporkan rekening si penipu ke bank juga sangat mudah dilakukan.Anda dapat menghubungi customer service yang terlibat atau datang langsung ke kantor bank yang bersangkutan untuk membuat laporan pengaduan tentang penipuan yang menimpa Anda.

Beragam cara dapat dilakukan pengguna jika mengalami masalah penipuan.Penipuan saat ini marak terjadi, baik melalui SMS maupun dalam forum jual beli online. Anda harus semakin berhati-hati dan wajib melaporkan nomor penipuan untuk membuat pengaduan.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon