06/01/2021

Daftar Asuransi Syariah Terbaik dan Populer di Indonesia

Daftar Asuransi Syariah Terbaik dan Populer di Indonesia

Semakin dewasanya masyarakat Indonesia, semakin menyadari adanya risiko, oleh karenanya asuransi syariah di Indonesia menjadi sangat populer. Risiko memang tidak bisa ditebak datangnya, dan ketika terjadi mampu menghabiskan banyak sekali dana. Adanya asuransi dianggap membantu meringankan beban finansial ketika terjadi musibah secara mendadak.

daftar asuransi syariah di Indonesia yang terpopuler

 

Memang benar bahwa tidak ada orang yang mengetahui apa yang akan terjadi di kehidupannya besok, tetapi dengan pengamatan yang jeli dapat dibaca potensi risiko yang akan dihadapi. Seperti pola hidup berdampak pada kesehatan, risiko gagal liburan karena pembatalan pesawat oleh cuaca buruk, dan kondisi sejenis lainnya.

Secara jenis pengelolaan, asuransi dapat dibagi menjadi dua macam atau dua pilihan, yaitu asuransi syariah dan asuransi konvensional. Namun kondisi mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, asuransi syariah sangat diminati. Selain mendapatkan jaminan keamanan secara finansial, juga memberikan rasa nyaman karena telah bertransaksi sesuai anjuran agama.

Memahami Asuransi Syariah, Definisi dan Fasilitasnya


Definisi mengenai asuransi syariah telah diatur dalam fakta DSN MUI 21/DSN-MUI/X/2001, berarti bahwa usaha atau kegiatan saling membantu pada beberapa pihak atau orang melalui tabarru dengan akad yang sesuai syariah islam. Berprinsip takaful, yaitu menolong dan memberi rasa aman ketika mengalami risiko.

Baca juga: Nilai Pertanggungan Asuransi Ruko dan Preminya serta Ketahui Daftar perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia


Dalam memulainya, dibentuklah akad terlebih dahulu antara suatu pihak dengan perusahaan pengelolanya. Akad yang dilakukan adalah tabbaru, setiap aset yang diberikan diniatkan untuk menolong dan tidak digunakan untuk tujuan komersial. Sedangkan akad berikutnya adalah tijarah, yang dikhususkan untuk tujuan komersial.

Fasiitas unik bagi peserta atau pemilik dana adalah prinsip bagi hasil. Bagi hasil asuransi syariah adalah hak yang dimiliki pemilik dana (shohibul Mal) untuk menerima sebagian dari hasil keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Besarnya sangat bergantung pada kesepakatan antara peserta dengan kantor asuransi.

Selain berfokus pada upaya saling membantu dan bertujuan untuk kebaikan, juga dilakukan pengelolaan atau investasi. Sesuai dengan prinsip hukum islam, investasi diarahkan pada instrumen investasi yang halal, tidak mengandung gharar dan riba. Hasil investasi asuransi syariah berupa keuntungan, nantinya pemilik dana juga memiliki hak atasnya.
Perbedaan Mendasar Asuransi Syariah dan Konvensional

Tentu ada perbedaan asuransi syariah dan konvensional, terutama dari proses pengelolaan dan perlindungan yang diberikan. Jaminan yang diberikan melalui konsep syariah berbasis sharing risk (ditanggung bersama) sedangkan konsep konvensional berbasis transfer risk (ditanggung oleh perusahaan). Namun keduanya sama – sama memberikan jaminan keamanan.

Dari proses memulai kontrak, perbedaan terletak pada kontrak yang diberikan. Sesuai syariat islam, akad atau kontraknya berdasarkan pada konsep taawwun atau saling membantu dan menanggung risiko. Sedangkan pada konsep konvensional adalah kontrak pertanggungjawaban perusahaan kepada peserta atas premi yang dibayarkan.

Untuk memastikan setiap transaksi tidak bertentangan dengan hukum islam, dibentuklah Dewan Pengawas Syariah. Dengan selalu mempertimbangkan beberapa target produk investasi yang halal. Sehingga memberikan hasil investasi asuransi syariah terbaik. Hal ini tidak dimiliki oleh perusahaan yang berbasis konvensional. Pengelolaan dilakukan secara bebas untuk menarik keuntungan.
Tips Memilih Asuransi Syariah Terbaik dan Populer Untuk Anda

Di Indonesia telah berkembang berbagai asuransi syariah dengan berbagai produk dan fasilitas yang berbeda-beda. Contoh penyedianya diantaranya adalah Prudential Syariah, BNI Life Syariah, Asuransi Takaful, dan lainnya. Masing – masing menawarkan produk antara kesehatan atau jiwa, baik untuk personal maupun keluarga.

Perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih. Pertama adalah kebutuhan Anda. Dengan demikian produk yang dipilih akan benar-benar cocok dan sesuai dengan Anda. Memahami kebutuhan bisa melalui refleksi kondisi atau pekerjaan saat ini dan harapan kedepannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan agen terpercaya.

Adanya perbedaan asuransi syariah dan konvensional, membuat perlunya untuk mempertimbangkan Dewan Pengawas Syariahnya. Dengan demikian akan terpastikan bahwa dana yang dimiliki dikelola dengan baik dan sesuai ketentuan syariat. Pastikan pula agen penjualnya juga telah terdaftar pada AAJI dengan dibuktikan melalui nomor keanggotaan AAJI.

Sebelum benar-benar memutuskan, pelajari dan pahami iustrasi yang disuguhkan oleh agen. Dengan demikian akan tergambar secara kongkret bagaimana dana dikelola, cara mengklaim, dan bagi hasilnya. Pastikan jelas dan menjanjikan sehingga besar kemungkinan memperoleh bagi hasil asuransi syariah dari perusahaannya.

Kebutuhan rasa aman ada pada setiap diri manusia, mulai dari aman dari ancaman fisik, psikologis, maupun risiko di masa depan. Terutama berkaitan dengan kemampuan finansial, yang tentu sangat berat jika ditanggung oleh pribadi. Asuransi syariah di Indonesia menjadi jawaban untuk rasa aman Anda.

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon