31/03/2022

Mengatasi Mbanking Livin Mandiri Error dan Penyebabnya

Mengatasi Mbanking Livin Mandiri Error dan Penyebabnya

Penggunaan Mobile Banking di smartphone untuk berbagai transaksi sangat memudahkan bagi Nasabah Bank, tidak terkecuali pemilik rekening Bank Mandiri. Namun namnya aplikasi tentu saja bisa mengalami masalah, seperti Aplikasi Livin’ By Mandiri yang tidak bisa dibuka, sulit untuk login dan selalu gagal digunakan bertransaksi.
Livin Mandiri tidak bisa untuk transaksi

Apalagi bagi Nasabah yang baru menggunakan Aplikasi Livin Mandiri, tentunya problem saat menggunakan Mbanking jadi sangat merepotkan ketika ingin cepat melakukan transaksi online.

Ada beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Livin’ by Mandiri tidak bisa digunakan untuk transaksi, seperti masalah server yang sedang overload, jaringan internet tidak lancar atau terputus, smartphone telah di root sistemnya dan beberapa penyebab lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi Aplikasi Mbanking Livin Mandiri yang tidak dapat login mapun selalu gagal untuk transaksi transfer, pembelian, pembayaran dan lainnya ?, simak beberapa penyebab dan cara mengatasiya berikut ini.

Penyebab Livin’ By Mandiri error


Server Bank Mandiri Sibuk


Meskipun smartphone tidak ada masalah dan sebelumnya Mbanking Livin masih bisa digunakan, tiba-tiba saat ingin login error atau sudah bisa masuk namun gagal saat transaksi, kemungkinan besar disebabkan server Bank sedang sibuk.

Dimana saat terjadi lonjakan trafik transaksi, server Bank bisa mengalami overload. Akibatnya transaksi bisa terjadi kegagalan atau bahkan tidak bisa login sama sekali.

Bila mengalami hal demikian, coba untuk menutup aplikasi Livin beberapa menit, lalu ulangi lagi login ke akun Mbanking dan cobalah untuk melakukan transaksi. Bila berhasil, maka server sudah normal.

Koneksi Internet tidak stabil


Jaringan internet yang tidak stabil seperti lemot atau gampang terputus bisa menyebabkan transaksi di Mbanking Livin Mandiri gagal. Simak juga Cara mengatasi BRImo Banking tidak bisa login  

Ketika User Mbanking sudah berhasil login, otomatis akan terjadi pertukaran data secara terus menerus antara aplikasi dan server Bank. Bila tiba-tiba internet terputus dan maupun IP Address koneksi berubah bisa menyebabkan kegagalan transaksi dan harus login ulang.

Jadi bila sulit masuk ke akun Mbanking Mandiri maupun proses transfer atau transaksi lain tidak bisa dilakukan, coba untuk keluar dari aplikasi, kemudian periksa apakah jaringan internet lancar atau tidak.

Aplikasi Mbanking Kadaluarsa


Menggunakan aplikasi terbaru Mobile Banking bisa meningkatkan keamanan serta mendapat banyak fitur terbaru. Adapun aplikasi Livin versi lama bisa jadi penyebab Mbanking tidak dapat digunakan dan diwajibkan beralih ke versi terbaru.

Bagi pengguna Aplikasi Livin versi lama yang berlogo biru dan sudah tidak dapat digunakan lagi, bisa langsung menginstall Livin’ by Mandiri versi terbarunya yang berlogo kuning emas.

Memodifikasi sistem Smartphone


Banyak yang mempertanyakan mengapa Aplikasi Mbanking dari HP yang sudah di root tidak bisa dijalankan, Karena untuk menjaga keamanan rekening nasabahnya.

Dimana pada ponsel yang sudah diroot atau dimodifikasi sistemnya rawan disusupi oleh malware, Spyware atau virus yang dapat menyebabkan data dan dana nasabah Bank dibobol pihak lain.

Jadi, bila sesudah menginstall Mbanking Livin terbaru dan tidak bisa dijalankan meskipun internet lancar, coba diingat-ingat apakah smartphone pernah di root atau tidak.

Banyak file cache dan Sampah di HP


File sampah dan ccache yang menumpuk di penyimpanan dan sistem ponsel bisa juga jadi penyebab Mbanking Mandiri gagal berfungsi dengan normal, seperti aplikasi lemot, kadang menutup sendiri atau bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Untuk mengatasinya, coba untuk membersihkan cache dan file sampah dengan aplikasi pembersih bawaan ponsel seperti aplikasi Ccleaner dan selainnya.

Setelah membersihkan semua file sampah di HP, coba restart ulang ponsel dan jalankan kembali Mbanking Livin Mandiri, Biasanya akan lebih cepat dan responsif.

Letak Sim Card Salah


Hampir setiap aplikasi Mobile Banking akan mendeteksi lokasi kartu selular yang terdaftar di rekening yaitu di slot Sim 1.

Bila nomor kartu selular yang terdeteksi bukan yang terdaftar dan tidak ditempatkan pada slot nomor 1, maka Livin Mandiri tidak bisa digunakan untuk alasan keamanan.

Bila semua cara sudah dilakukan, mulai memeriksa jaringan internet sampai melakukan update Mbanking Livin dan file cache sudah dibersihkan, Namun tidak juga bisa digunakan untuk login maupun bertransaksi, maka coba laporkan ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi aplikasi Livin’By Mandiri yang error maupun selalu gagal ketika melakukan transaksi, semoga bisa membantu dan menjadi solusi untuk sobat pembaca semua.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon