05/09/2018

Mengatasi Aplikasi BRI Mobile Banking Tidak Bisa Login

Tips mengatasi error di Aplikasi BRI Mobile Banking - Tidak sedikit Nasabah Bank BRI yang menggunakan aplikasi banking dari smartphonne mengalami masalah, seperti aplikasi tidak dapat dijalankan, gagal aktivasi, selalu gagal login dan permasalahan menu transaksi.

Mengatasi Aplikasi BRI Mobile Banking Tidak Bisa Login

Kemudahan bertransaksi finansial Online, baik itu melalui smartphone ataupun Komputer bisa sangat mempermudah nasabah Bank BRI dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari terkait perbankan. Bahkan yang tidak punya smartphone masih bisa menggunakan ponsel jadul untuk bertransaksi menggunakan metode SMS banking ataupun mengakses kode USSD *141#.

Tips Mengatasi Error BRI Mobile Banking


Bilamana anda termasuk salah satu nasabah BRI yang saat ini mengalami permasalahan Mobile Banking seperti:

  • Selalu gagal login di aplikasi BRI banking
  • Tidak dapat melakukan aktivasi meski berulang kali dicoba
  • Tidak dapat melihat saldo di menu aplikasi BRI
  • Gagal transfer dari BRI mobile banking, dan lain sebagainya.
Baca Juga Artikel terkait berikut :


Silahkan mencoba beberapa tips dan solusi mengatasi aplikasi Mobile banking BRI trouble di bawah ini.

1. Cek koneksi Internet

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah memeriksa sambungan internet pada smartphone. Entah itu kita memakai sambungan data via kartu selular ataupun menggunakan sambungan Wi-Fi.

Sambungan internet yang terputus atau tidak stabil bisa mengakibatkan gagalnya sinkron data dari server BRI dengan aplikasi.

Sebaiknya sebelum menjalankan aplikasi Banking di smartphone, pastikan dahulu kualitas sinyal, Bila koneksi lemah maka urungkan dulu membuka aplikasinya agar tidak terjadi gagal login maupun gagal transaksi, cari tempat yang mudah untuk terkoneksi sinyal internet dengan stabil.

2. Kesalahan Letak Sim Card

Perlu diketahui, bahwa hampir semua aplikasi perbankan untuk smartphone akan mendeteksi slot pertama yang ada di Ponsel. Dimana kartu yang sudah diaktivasi dan teregistrasi oleh pihak Bank harus terletak di Sim 1.

Banyak pengguna Smartphone memindah kartu yang terdaftar di aplikasi Mobile banking BRI dari tempat SIM 1 ke SIM 2, atau bahkan memindahnya ke ponsel lain, sehingga saat BRI Mobile banking dijalankan akan terjadi error dan biasanya akan meminta aktivasi dan verifikasi.

Jadi pastikan tidak memindah kartu selular yang sudah diaktivasi dan sebelumnya sudah bisa dijalankan di ponsel dari Slot SIM 1 ke Slot SIM2.



3. Server BRI Trouble / Maintenance

Ada juga faktor diluar smartphone dan aplikasi BRI banking yang menyebabkan trouble yakni server pusat data BRI masih dalam perbaikan.

Memang nasabah tidak akan diberitahu kapan ada proses server Down atau sedang maintenance, dan yang paling mudah mendeteksinya silahkan coba tanya ke teman yang sama-sama menggunakan BRI banking, Bila ternyata juga trouble berarti kita harus sabar menunggu server pulih.

Bisa juga kita meminta info dari call center resmi BRI di nomor 14017 / 1500017, via Call Email callbri@bri.co.id atau bahkan melalui forum resmi media sosial Resmi BRI seperti Twitter atau Facebook.

4. Aplikasi Bermasalah

Tidak jarang aplikasi yang rusak, entah datanya atau script kodenya, menjadikan aplikasi BRI banking tidak dapat berjalan dengan normal. Bisa beberapa menu transaksi tidak muncul, gagal login meski ada sambungan internet dan userID serta password benar, Aplikasi menutup sendiri dan error lainnya.

Cara mengatasinya, Copot atau uninstall dulu app BRI Mobile banking dari ponsel, kemudian unduh dan pasang lagi.

Perlu diperhatikan, jangan sembarangan download aplikasi BRI Banking dari market yang tidak resmi. Silahkan unduh langsung dari link situs resmi BRI atau bisa langsung ke download dari google play store.

5. Ada double Login

Mungkin ada yang mengalami tidak bisa masuk ke BRI Banking Mobile setelah menginput UserID dan Sandi kemudian muncul peringatan user sedang login dan kita disuruh untuk log-out dulu dari perangkat yang aktif.

Biasanya kita sebelumnya lupa tidak melakukan proses logout dengan benar melalui tombol yang disediakan dan langsung menekan tombol Home. Padahal aplikasi yang tertutup sebenarnya masih berjalan dan aktif di background.

Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan recent app atau aplikasi yang masih berjalan di background, dan tunggu untuk beberapa saat agar bisa kembali melakukan login di BRI Mobile banking.

6. Reboot / Restart HP

Sebenarnya ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan saat ada aplikasi di smartphone tidak bisa dijalankan dengan normal.

Coba reboot atau restart ulang ponsel agar sistem kembali bersih dan fresh. Dimana saat beban kinerja sistem menumpuk seringkali aplikasi gagal diproses, sehingga cara paling efektif adalah mematikan dan menghidupkan ulang sistem.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi aplikasi BRI Mobile banking trouble saat dijalankan, semoga bisa bermanfaat.


Emoticon Emoticon