25/05/2022

Pemilik dan sejarah berdirinya Allo Bank dan Layanan yang Dimilikinya

Pemilik dan sejarah berdirinya Allo Bank dan Layanan yang Dimilikinya

Pada pertengahan Mei banyak TV swasta yang menyiarkan gebyar Allo Bank Festival 2022. Bagi sebagian masyarakat tentunya merasa ingin tahu, Apa itu Allo Bank, Apakah sama dengan Bank lain seperti Mandiri, BRI, BCA, BNI dan semacamnya ?, Apa saja layanan perbankan yang dimiliki sampai dimana letak kantor Allo Bank berada.
Sejarah berdirinya aplikasi allobank

Allo Bank merupakan layanan perbankan online dan cara melakukan transaksi melalui aplikasi. Jadi jangan membayangkan kalau nasabah Allo Bank akan mendapat kartu ATM dan buku Tabungan layaknya Bank Konvensional, Karena tidak ada kantor Cabang di setiap kota dan kantor Allo Bank terpusat di Jakarta.

Dengan menggunakan aplikasi Allo Bank, pengguna dapat melakukan top up saldo, tarik uang tunai, transfer ke sesama dan antar Bank, pembelian atau pembayaran dan berbagai transaksi keuangan lain seperti E-wallet pada umumnya.

Jadi meskipun produknya hampir sama dengan E-Wallet, Namun bila dibaca pada profil perusahaan di situsnya Allo Bank bergerak di bidang perbankan digital. Jadi menurut saya, Allo Bank sama saja dengan produk Dompet digital seperti DANA, GoPay, OVO, LinkAja dan sejenisnya.

Sejarah berdirinya dan penamaan Allo Bank


Pemilik Allo Bank adalah PT Mega Corpora. Dimana sejarah berdiri dan penamaan Allo Bank diawali dari kehadiran PT Bank Arta Griya yang berdiri tahun 1992.

Kemudian tahun 1993 Bank Arta Griya berubah nama menjadi PT Bank Harda Griya (sering disebut Bank Harda).

Baca juga : Cara Mengatasi Aplikasi Allo Bank Error dan tidak bisa Login

Kemudian berubah lagi nama dari Bank Harda Griya menjadi BHI atau PT Bank Harda Internasional di tahun 1996.

Setelah tahun 2021 BHI diakuisisi oleh PT. Mega Corpora dan mendapat persetujuan dari OJK, Tepatnya bulan Juni 2021 BHI berubah nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk.

Layanan dan Produk di Aplikasi Allo Bank


Sudah disebutkan diatas, bahwasanya Allo Bank tidak membuka kantor cabang untuk layanan pembukaan rekening maupun layanan transaksi seperti Bank konvensional pada umumnya.

Jadi, pengguna dan nasabah Allo Bank dalam melakukan transaksi wajib menggunakan Aplikasi Allo Bank yang dapat diunduh melalui App Store untuk Ponsel iOS dan Google Play store untuk HP Android.

Beberapa fitur Layanan keuangan digital di Aplikasi Allo Bank antara lain :

  • Top Up saldo : Pengisian dana saldo di rekening Allo Bank bisa melalui transfer antar Bank, Transfer direct dari Bank Mega, atau melalui Merchant yang bekerjasama dengan pihak Allo Bank.
  • Transfer : Menu untuk melakukan transfer uang dari Allo Bank ke Bank Lain atau sesama nasabah Allo Bank.
  • Bayar : Menu untuk pembayaran cash di merchant dengan scan QRIS
  • Bayar Tagihan : Nasabah bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan dari Allo Bank, seperti pembayaran iuran BPJS, PDAM, Indihome, tagihan listrik PLN, Pembelian pulsa, Kuota internet dan lain sebagainya.
  • Tarik Tunai : Pengguna Allo Bank bisa melakukan tarik tunai uang melalui ATM Bank Mega atau via kasir di beberapa offline store.
  • Kirim Hadiah : Fitur untuk saling mengirim poin ke sesama pengguna Allo Bank.

Fitur diatas memang mirio dengan beberapa layanan dari aplikasi E-Wallet sejenis yang lebih dulu ada, seperti OVO, DANA, iSaku, GoPay dan aplikasi sejenisnya.

Adapun Produk dari Allo Bank yaitu :

  • Allo pay dan Allo Pay+
  • Allo Prime
  • Deposito
  • Instant Cash dan Pay Later

Allo Pay dan Allo Pay+ mirip dengan E-Wallet yang bisa digunakan nasabah untuk transaksi online seperti transfer uang, top Up saldo, Tarik tunai, pembayarn dan pembalian serta Kirim Hadiah.

Saldo maksimum yang dapat diisi bagi pengguna Allo Pay yaitu 2 Juta Rupiah, sedangkan untuk tipe Allo Pay+ Saldo maksimum 10 Juta Rupiah.

Deposito di Allo Bank suku bunganya hingga 6 persen dengan tenor yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti 1 Bulan hingga 2 Tahun.

Bagi pengguna Allo Bank yang disetujui saat registrasi Pay Later, maka bisa mendapat limit kredit sampai 100 Juta Rupiah.

Dimanakah Kantor pusat dan cabang Allo Bank ?


Karena bukan termasuk Bank konvensional, maka Allo Bank yang bergerak di keuangan digital hanya memiliki kantor pusat saja tanpa ada cabang di beberapa kota.

Adapun letak dan alamat kantor pusat Allo Bank yaitu di JL Kapten Tendean 12 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790.

Jadi bagi nasabah yang ingin membuka rekening, menabung, transfer atau melakukan semua transaksi harus menggunakan aplikasi Allo Bank, Bukan mendatangi kantornya seperti bank offline pada umumnya.

Apakah Allo Bank Legal dan dijamin Pemerintah ?


Allo Bank sudah memiliki ijin dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan masuk menjadi peserta Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Jadi uang simpanan nasabah dijamin keamanannya karena Allo Bank bukan layanan keuangan ilegal.

Nomor Call Center dan E-Mail Allo Bank


Bagi pengguna Aplikasi Allo Bank yang mengalami keluhan dan permasalahan saat bertransaksi atau Registrasi, bisa menghubungi customer care melalui saluran Telepon, Chat WhatsApp maupun via E-Mail.

  • Nomor Telepon CS Allo Bank : 080-4110-4110
  • Nomor WhatsApp : 0822-0822-4110
  • Email Allo Bank : allocare@allobank.com

Bisakah aplikasi Allo Bank login di 2 perangkat ?


Untuk keamanan data dan akun Nasabah, maka 1 akun di aplikasi Allo Bank tidak dapat digunakan secara bersamaan untuk login ke 2 smartphone.

Umumnya setiap aplikasi Banking dengan keamanan extra akan mendeteksi slot SIM card 1 untuk digunakan sebagai nomor telepon akun Allo Bank.

Fitur di Aplikasi Allo Bank


Seperti halnya App Banking pada umumnya, fitur yang ada di aplikasi Allo Bank terdiri dari 2 macam, yaitu Fitur Finansial dan Non-Finansial.

  1. Fitur Finansial Allo Bank : Rekening Tabungan, Top Up, Pembayaran, Transfer Dana, Tarik Tunai, Dana Instan, Pay Later, Deposito, Pembelian dan lainnya
  2. Fitur Non Tunai : Membership, Informasi dan Promo, Poin dan kupon, Chat dan pusat bantuan.

Dewan pimpinan dan direksi Allo Bank


Dilihat pada informasi yang tertera di situs resmi Allo Bank, Beberapa nama yang menempati jajaran pimpinan di Allo Bank yaitu :

  • Komisaris Utama : Aviliani
  • Komisaris : Ali Gunawan
  • Komisaris Independen : R. Soedaryatmo Y dan Rosmaya Hadi
  • Direktur Utama : Indra Utoyo
  • Direktur : Sajal Bhatnagar, Arief Tendeas dan Ari Yanuanto Asah
  • Sekretasis perusahaan : Kemal Sutedja Sindi

Itulah pembahasan tentang lata belakang berdirinya Allo Bank serta apa saja bentuk layanan di dalam aplikasinya. Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka situs resmi Allo Bank yang beralamat di tautan berikut : Link Website Allobank..

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon