01/10/2022

Cara Uninstall Aplikasi Funmax yang Mucul otomatis di HP Xiaomi

Cara Uninstall Aplikasi Funmax yang Mucul otomatis di HP Xiaomi

Banyak pemilik HP Xiaomi atau Redmi Note dikejutkan dengan Aplikasi bernama Funmax yang tiba-tiba muncul di layar ponsel. Sebelumnya juga tidak ada pemberitahuan dari pihak Xiaomi dan tanpa persetujuan pengguna tahu-tahu ikon aplikasi Funmax sudah ada dan terpasang di sistem.
Menghapus app funmax bawaan HP Xiaomi redmi note

Saat pertama kali dijalankan, App Funmax di Xiaomi memberikan diskripsi kalau fungsi aplikasi tersebut untuk menjalankan banyak game tanpa memasangnya. Namun alih-alih senang, Banyak pemilik HP Xiaomi yang khawatir kalau aplikasi Funmax berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai masalah pada sistem.

Seperti diketahui, Funmax adalah aplikasi Bloatware, yang berarti aplikasi tersebut sudah disetujui oleh pabrikan Xiaomi dan terpasang otomatis bila ada pembaruan dari pihak vendor.

Setiap smartphone umumnya memiliki aplikasi bawaan yang disebut juga dengan bloatware, dimana setiap aplikasi yang terpasang memiliki tujuan khusus, Bisa sponsor pihak ketiga yang bekerjasama atau buatan xiaomi sendiri.

Pertanyaannya, Apakah Aplikasi Funmax bawaaan HP Xiaomi bisa dihapus atau di-uninstall ?

Bisa, Meskipun setiap aplikasi bloatware atau bawaan smartphone tidak dilengkapi dengan menu Uninstall namun penggunanya bisa menonaktifkan atau bahkan membuang aplikasi tersebut bila tidak diperlukan.

Cara Hapus aplikasi Funmax di Xiaomi / Redmi Note


Karena tidak ada tombol menu untuk mencopot aplikasi bawaan HP xiaomi, Berikut ini adalah cara uninstall app Funmax supaya tidak muncul lagi di layar beranda, silahkan disimak langkah-langkahnya:

  • Buka menu SETELAN di HP Xiaomi
  • Kemudiann masuk ke menu Apl >> Kelola Aplikasi
  • Cari Aplikasi bernama Funmax
  • Di halaman info aplikasi bagian bawah pilih “Uninstall Pembaruan” dan tekan Oke
  • Setelah itu tekan “Hapus Data
  • Eksekusi keduanya,yaitu “Hapus Semua data” dan “Bersihkan cache
  • Tutup setelan aplikasi, Ikon Funmax sudah hilang dari layar beranda

Menu untuk uninstall funmax dari layar xiaomi

Bila sebelumnya pernah mejalanan aplikasi Funmax, maka tombol force close (Paksa berhenti) akan aktif di setelan aplikasi. Fungsi menu tersebut untuk menghentikan jalannya proses aplikasi di balik layar sistem.

Cara diatas memiliki kelemahan, yaitu suatu saat aplikasi Funmax bisa muncul lagi tanpa disadari. Munculnya kembali Funmax setelah dinonaktifkan atau dihapus karena ada update otomatis sistem.

Bila hal tersebut terjadi, cukup akukan langkah uninstall funmax seperti cara diatas yang direkomendasikan dan aman untuk sistem.

Bila ingin menghapus secara permanen aplikasi funmax agar tidak muncul lagi di HP Xiaomi meskipun ada update sistem, bisa dilakukan dengan mengaktifkan mode Developer dan melakukan langkah modifikasi.

Namun memodifikasi sistem Xiaomi tidak direkomendasikan karena saat ada sedikit saja kesalahan akan menyebabkan sistem crash, tidak berjalan normal dan garansi ponsel hangus.

Kesimpulannya, Bila merasa aplikasi Funmax tidak berguna dan cenderung membuat khawatir boros kuota internet atau menjadikan sistem xiaomi jadi lemot, sebaiknya dibuang saja.

Demikianlah tutorial cara menghapus Funmax app bawaan HP Xiaomi Redmi Note, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon