24/09/2022

Cara Mengetahui Akun Instagram dipakai Login Orang Lain

Cara Mengetahui Akun Instagram dipakai Login Orang Lain

Keamanan akun media sosial sangat penting karena menyangkut privasi penggunanya. Maraknya pembobol akun menggunakan berbagai cara untuk mencuri akun korbannya, seperti menyebar tautan palsu, Melakukan hacking password dan lain sebagainya.
Melihat lokasi pencuri akun IG

Bagi pengguna aplikasi Instagram, cara mengamankan akun IG supaya tidak mudah di-hack atau dibobol orang lain sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan di fitur keamanan instagram sendiri sudah ada tool atau menu khusus agar akun tidak mudah dicuri.

Bahkan banyak yang tidak menyadari, Bahwasanya satu akun IG Instagram bisa dibuka di beberapa perangkat tanpa disadari oleh pemiliknya. Bisa dikatakan, memata-matai seseorang dengan melakukan login ke akun IG orang lain bisa dilakukan meskipun pemiliknya tidak merasa ada yang janggal.

Pada Tips kali ini, Admin akan memberikan tutorial cara melihat apakah akun IG kita dibobol dan dipakai login di perangkat lain atau tidak. Dimana kita pemilik akun patut curiga apabila saat tidak sedang membuka aplikasi Instagram ternyata ada teman yang melihat status kita sedang online (Tanda hijau).

Begitu pula kalau ditemui kasus pemilik akun tidak merasa mengirim pesan tba-tiba ada aktivitas DM atau perpesanan, hal tersebut patut dicurigai karena kemungkinan besar akun IG telah dipakai login orang lain dari perangkat berbeda.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur keamanan di Instagram untuk mengetahui apakah ada pihak lain yang login dengan akun IG kita atau tidak :

Cara Melihat akun IG disadap atau tidak


  • Buka Aplikasi Instagram di smartphone
  • Pilih menu profil dan masuk ke Bagian menu pojok kanan atas tanda 3 garis mendatar
  • Selanjutnya pilih menu Pengaturan > Keamanan > Aktivitas Login
  • Di halaman tersebut akan tampil tentang aktivitas login yang pernah dan sedang dilakukan, Lengkap dengan lokasi di maps dan perangkat yang dipakai.
  • Apabila merasa ada yang janggal, seperti ada login akun IG dari lokasi lain dengan perangkat atau smartphone yang bukan milik kita, maka bisa dilakukan langkah pengamanan
  • Untuk mengeluarkan orang yang membobol atau mencuri akun Instagram kita, klik pada ikon titik tiga di samping lokasi dan nama perangkat yang terdeteksi, lalu pilih opsi logout.
Menu keamanan instagram untuk melihat lokasi pembobol akun


Dengan memeriksa aktivitas login dari menu keamanan, maka dengan mudah kita akan menemukan lokasinya serta tipe ponsel apa yang dipakai orang tersebut yang diam-diam login menggunakan akun IG kita.

Tips Mengamankan Akun Instagram


Untuk menghindari aksi pembobolan akun, lebbih baik lakukan langkah pencegahan sebelum akun IG diambil alih orang lain dan kita tidak bisa lagi mengaksesnya.

Diantara langkah-langkah mengamankan akun Instagram supaya aman dari hacker atau pencuri akun yaitu sebagai berikut:

  1. Rutin merubah kata sandi Akun Instagram
  2. Mengaktifkan fitur Autentifikasi dua Faktor
  3. Setting Email pemberitahuan dari Instagram
  4. Rutin melakukan pemeriksaan keamanan

Membuat kata sandi akun Instagram yang kuat sebenarnya sangatllah mudah, caranya Gunakan kombinasi angka, huruf dan character khusus.

Password akun yang lemah dan gampang ditebak oleh pencuri akun seperti menggunakan password dengan tanggal dan tempat lahir, Nama family, Alamat rumah dan segala sesuatu yang terkait dengan identitas pribadi.

Selain rutin mengganti password, sangat disarankan untuk menggunakan fitur Autentifikasi dua faktor yang ada di menu keamanan aplikasi Instagram.

Dimana autentifikasi dua faktor maksudnya adalah menggunakan verifikasi tahap kedua pada saat ada aktivitas login dari perangkat lain yang sebelumnya belum pernah digunakan untuk masuk ke akun.

Fitur keamanan Autentifikasi dua faktor di instagram yang paling kuat adalah menggunakan nomor ponsel. Nantinya saat ada orang lain yang mencoba atau memaksa login ke akun IG kita maka akan ada kode verifikasi yang harus dimasukkan. Dimana kode tersebut bisa dilihat pada nomor ponsel yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Dan yang terakhir adalah Alamat Email, Dimana setiap ada perubahan kata sandi maupun aktivitas login dari perangkat baru akan selalu dikirimkan ke alamat Email pemilik akun IG untuk alasan keamanan.

Saat ada orang lain yang mencoba masuk ke akun IG kita dan berhasil, maka akan ada pesan di Email yang menyatakan ada aktivitas login yang baru, Dimana bila pengguna tidak merasa melakukan login, maka bisa segera melakukan langkah pengamanan dengan sesegera mungkin merubah kata sandi dan mengeluarkan si pembobol akun IG.

Itulah beberapa langkah mudah mengetahui apakah akun instagram kita dimata-matai atau dipakai login dari lokasi dan perangkat lain atau tidak, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon