18/09/2022

Cara Menghemat Kuota Internet saat Memutar Video di FB

Cara Menghemat Kuota Internet saat Memutar Video di FB

Selain konten di Youtube dan sejenisnya, Facebook juga memiliki menu khusus untuk menonton konten video. Bahkan tidak salah satu kelebihan video di FB dengan yang ada di Reel Instagram auat TikTok yaitu durasinya tidak terbatas. Lalu bagaimana cara menghemat kuota data internet agar tidak boros ketika menonton konte video di facebook ?, Gampang sekali, Simak penjelasannya berikut ini.
Cara nonton video facebook hemat data internet

Bagi pengguna data selular, salah satu hal yang banyak dihindari adalah pemakaian kuota Internet yang boros. Ketika kita hobi nonton video di facebook atau platform streaming  semisal youtube, maka hal yang perlu difikirkan adalah jangan sampai saat asik menonton tiba-tiba kuota habis.

Untungnya di aplikasi Facebook sendiri sudah disediakan menu khusus untuk mengatur supaya hemat data internet saat digunakan memutar video. Bahkan kita bisa menghemat sampai 40 persen data.

Namun perlu dicatat, ketika memutuskan untuk mengaktifkan penghemat kuota internet saat onton video di FB, maka resolusinya juga otomatis diturunkan.

Namun jangan khawatir, Meskipun resolusi video di Facebook diturunkan, Kualitas gambar masih terlihat bagus untuk dilihat karena umumnya video ditonton tidak pada mode layar penuh.

Cara menghemat kuota Internet saat Nonton video FB


Berikut ini adalah langkah-langkah setting video di aplikasi Facebook supaya tidak boros Internet, silahkan disimak:

  • Buka Aplikasi FB dan masuk ke Menu di pojok kanan atas dengan simbol garis mendatar tiga
  • Pilih opsi Pengaturan & Privasi, Atau bisa langsung menekan ikon tanda roda gigi
  • Di bagian Referensi, masuk ke menu Media
  • Di pilihan Kualitas video, hapus tanda centang pada opsi “Penghemat Data
  • Tutup kembali menu pengaturan
Menu hemat kuota internet saat memutar video di FB

Bila suatu saat berada di jaringan WiFi dan ingin melihat video kualitas HD tanpa menurunkan kualitas resolusinya, maka nonaktifkan (hapus tanda centang) pada bagian penghemat data.

Tips Tambahan

Di menu yang sama, yaitu pada preferensi media, ada beberapa opsi yang bisa digunakan, salah satunya yaitu pengguna FB bisa memilih agar video tidak diputar otomatis.

Dengan memilih opsi “Jangan pernah putar video otomatis” bisa mengurangi pemakaian data. Jadi saat menyusuri beranda atau postingan facebook milik teman yang ada videonya, tidak akan diputar otomatis oleh sistem sampai kita menekan tombol Play.

Selain itu kita bisa mematikan opsi “Video dimulai dengan suara” supaya saat video diputar pertama kali tidak akan mengeluarkan suara. Untuk mengaktifkan suaranya tinggal menekan ikon speaker di layar video yang sedang berjalan.

Itulah cara mudah mengaktifkan penghemat data Internet saat menggunakan Aplikasi Facebook untuk menonton video postingan Teman atau pengguna lain, Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon