27/11/2023

3 Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa Dijamin Ampuh

3 Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa Dijamin Ampuh

Detikinfo.com - 3 Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa Dijamin Ampuh. Sejak beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia menyerukan untuk pergantian siaran TV analog menjadi TV digital. Dengan begitu, masyarakat Indonesia bisa menikmati tontonan yang lebih bagus dan gambar berkualitas. Sebagai informasi, siaran TV digital adalah sebuah penerapan teknologi di zaman sekarang yang mampu menyediakan saluran TV lebih banyak dengan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih baik. 

3-cara-mencari-siaran-tv-digital-dengan-antena-biasa-dijamin-ampuh


Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia pun sudah melakukan migrasi secara besar-besaran dari TV analog menjadi digital agar semua kelebihan yang ada di TV digital dapat dirasakan secara merata oleh masyarakat. Untuk anda, yang kebingungan dalam cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa, mari simak pembahasan langkah-langkah mencarinya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa?

Sebenarnya, cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa sangatlah mudah dan dapat diterapkan oleh semua lapisan masyarakat. Dengan cara tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memindahkan siaran TV analog menjadi televisi digital. Namun sangat disayangkan karena banyak orang yang justru tidak tahu caranya. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahu, bisa simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Mempersiapkan Semua Peralatan

Agar dapat mengikuti cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa, pertama-tama Anda perlu mempersiapkan seluruh peralatan yang diperlukan. Tak perlu khawatir karena semua peralatannya mudah didapatkan seperti STB DVB T2, Kabel antena UHF, TV jadul, TV LED, ataupun Smart TV semua tipe, antena UHF outdoor, sambungan listrik, serta dua personel untuk scan siaran dan memutar antena.

2. Mengkoneksikan STB, Antena, dan TV Analog

Setelah semua peralatan terkumpul, cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa adalah dengan mengkoneksikan seluruh peralatan seperti TV analog, antena, dan STB. Caranya yaitu:
- Harap pastikan STB merupakan tipe DVB T2 yang sudah mendukung koneksi antena di TV analog
- Pastikan TV Analog sudah dalam keadaan mati atau dayanya telah dimatikan
- Lalu cabut kabel antena yang telah terpasang di TV Analog
- Kemudian sambungkan kabel antena yang ada di port atau jack yang dikenal ANT IN di belakang STB Connect
- Setelah itu, sambungkan kabel HDMI yang ada di port STB ke port televisi analog
- Kalau TV analog Anda tidak memiliki dukungan koneksi HDMI, maka bisa menyambungkannya dengan kabel AV yang umumnya mempunyai tiga ujung konektor merah, kuning, dan putih

3. Mencari Siaran TV Digital

Terakhir dalam cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa yaitu dengan mulai mencari siaran TV digital setelah semua peralatan seperti antena, STB, dan TV analog tersambung. Caranya yakni:
- Nyalakan Set Top Box dan TV Analog
- Setelah itu, masuk ke menu pengaturan TV analog dan tekan mode output tampilan HDMI atau AV yang sesuai dengan kabel untuk menyambungkan STB
- Setelah memasuki mode output tampilan, menu pengaturan STB akan terlihat. Di sini Anda bisa klik pencarian saluran
- Di beberapa STB, Anda perlu mengisi kode pos sesuai daerah domisili
- Jika sudah, tekan pilihan Auto Search. Secara otomatis, Set Top Box mencari sinyal siaran TV digital yang berada di sekitaran area domisili
- Ketika proses pemindaian selesai, siaran TV digital dari berbagai channel bisa langsung dinikmati

Penutup

Itulah beberapa cara mencari siaran TV digital dengan antena biasa yang perlu Anda lakukan secara runtut. Di antara semua cara tersebut, jangan sampai Anda terlewat karena mempersulit siaran TV digital muncul.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon