30/11/2023

3 Cara Mengatasi Smart TV Tidak Ada Suara Terbukti 100% Work

3 Cara Mengatasi Smart TV Tidak Ada Suara Terbukti 100% Work

Detikinfo.com - 3 Cara Mengatasi Smart TV Tidak Ada Suara Terbukti 100% Work. Apakah Anda termasuk salah satu pengguna smart TV berbagai tipe? Jika iya, pastinya pernah mengalami masalah tidak ada suara yang keluar dari televisi tersebut. Smart TV yang tidak ada suara tentu menjadi masalah tersendiri. Pasalnya para penonton tak bisa mendengar percakapan atau musik yang keluar dari tayangan tersebut. 

3-cara-mengatasi-smart-tv-tidak-ada-suara-terbukti-100-work


Apabila Anda tengah mengalami hal serupa maka tidak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi smart TV yang tidak keluar suara. Untuk pembahasan cara selengkapnya bisa Anda simak artikel cara mengatasi smart tv tidak ada suara sebagai berikut.

Bagaimana Cara Mengatasi Smart TV Tidak Ada Suara, Semua Tipe?

Sebenarnya cara mengatasi smart TV tidak ada suara, semua tipe sangat mudah untuk diterapkan oleh siapa saja. Anda yang baru membeli smart TV dan mengalami kendala serupa pun bisa mengatasinya dengan cara-cara tersebut. Biasanya banyak hal yang menyebabkan smart TV tidak mengeluarkan suara seperti speaker TV rusak, fitur mute dalam keadaan aktif, dan masih banyak lagi.

Untuk cara mengatasinya bisa Anda simak sebagai berikut.

1. Harap Pastikan Mode Mute dalam Keadaan Tidak Aktif

Pertama dalam cara mengatasi smart TV tidak ada suara, semua tipe yaitu dengan memastikan mode mute tak aktif. Di dalam remot smart TV, banyak tombol yang dapat ditekan, salah satunya tombol mute untuk mematikan suara televisi. Kalau tombol itu tak sengaja ditekan, otomatis suara TV langsung mati. Apabila seperti itu, maka Anda bisa mengaktifkan lagi suaranya dengan cara:
- Silahkan ambil remote smart TV Anda
- Cari tombol Mute yang ada di antara tombol remote
- Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol volume + untuk mengaktifkan lagi suara TV

2. Mengecek Pengaturan Input Audio TV

Opsi lainnya dalam cara mengatasi smart TV tidak ada suara, semua tipe yaitu dengan mengecek pengaturan input audio TV. Apabila tombol AUX tidak sengaja tertekan, otomatis TV beralih ke mode AUX dan tak bisa mengeluarkan secara langsung. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan pengaturan input audio TV untuk memastikan suaranya keluar kembali. Caranya yaitu:
- Silahkan nyalakan smart TV Anda di rumah
- Setelah itu, klik tombol Home yang ada di remot TV
- Lanjutkan dengan buka Pengaturan dan Adui
- Kemudian tekan tombol panah kanan di remot dan klik Audio Mode
- Klik tombol panah kanan satu kali lagi dan tekan otomatis Stereo

3. Update Perangkat Lunak TV

Terakhir dalam cara mengatasi smart TV tidak ada suara, semua tipe yaitu dengan mengupdate perangkat lunak smart TV. Caranya antara lain:
- Pastikan smart TV yang bermasalah sudah menyala
- Setelah itu, hubungkan Smart TV ke internet
- Kemudian klik tombol menu di remot TV
- Lanjutkan dengan tekan Dukungan
- Cari dan klik pilihan Pembaruan Perangkat Lunak
- Terakhir, tekan Perbarui Sekarang dan tunggu proses pembaruan software Smart TV selesai

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi smart TV tidak ada suara, semua tipe termudah yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Dengan informasi tersebut, Anda sudah bisa mendengarkan lagi suara yang keluar dari smart TV.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon