12/02/2018

Play Store di HP Samsung J5 tidak bisa install Aplikasi - ini tipsnya!

Cara mengatasi Play Store samsung Galaxy J5 gagal install aplikasi - Tidak seperti market aplikasi lain, Google play store menawarkan berbagai aplikasi yang aman untuk pengguna Android dan juga update aplikasi selalu up to date. Namun menjadi masalah tersendiri bilamana ponsel android tiba-tiba tidak bisa mengunduh aplikasi maupun gagal melakukan update. Di sesi kali ini admin akan membahas khusus bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy J5 dan beberapa tipe Galaxy lainnya yang mengalami kegagalan mengunduh aplikasi.

Play Store di HP Samsung J5 tidak bisa install Aplikasi

Banyak pengguna Android yang melakukan install aplikasi melalui file APK alias file installer yang diperoleh dari beberapa market app di luar google play. Namun dibalik kemudahan itu banyak resiko melakukan unduhan diluar play store karena rentan keamanan dan banyak script bahaya yang ditanam ke aplikasi tanpa melalui filter oleh market penyedia apps.

Anda pengguna Galaxy J5 yang selalu gagal menginstall aplikasi dari play store ada beberapa sebab yang bisa memicu hal tersebut terjadi. Untuk beberapa pengguna tidak akan sama penyebabnya antara satu dengan yang lain karena beda perilaku dan kebiasaan terhadap ponsel miliknya.

Mengatasi gagal install aplikasi di Play Store

Di bawha ini admin akan mengulas penyebab dan tips untuk mengatasi gagal mengunduh, install ataupun Update aplikasi di google play store bagi pengguna Samsung Galaxy J5 dan beberapa tipe galaxy yang lainnya.
1. Penyimpanan Hampir Penuh

Umumnya penyebab utama aplikasi gagal diunduh dan diinstall di HP Android Galaxy J5 dan bebrapa tipe samsung lain karena space penyimpanan yang kurang memadai.

Ruang penyimpanan kurang dari 400 MB bisa menjadi penyebab umum gagalnya mengunduh aplikasi di play store. Jadi solusi pertama untuk kegagalan mengunduh aplikasi silahkan cek dahulu ruang penyimpanan yang tersisa di memori internal ponsel. Bilamana ruang penyimpanan sudah kurang dari 500 MB silahkan pindahkan beberapa file atau aplikasi ke memori Ekstrenal terlebih dahulu kemudian coba ulangi membuka aplikasi Play store untuk melakukan unduhan app.

2. Banyak File Temporar dan cache

Penyebab kedua yakni adanya file sampah yang memenuhi ruang penyimpanan, dimana file cache dan juga file temporar dari aplikasi yang sudah tidak terpakai terlalu sesak sehingga sistem gagal melakukan pembacaan file.

Solusinya, silahkan buka menu settings di HP Android Galaxy J5 anda kemudian masuk ke opsi APP dan cari aplikasi google play dan lakukan clear cache.

Dalam kasus tertentu data yang tersimpan di aplikasi Play store juga bisa mengalami masalah, oleh sebab itu lakukan juga clear data, setelah itu update aplikasi play store ke versi terbaru.

3. Restart / Reboot ulang



Bilamana ruang penyimpanan di galaxy J5 dirasa masih banyak dan dan file cache sudah dibersihkan namun tetap gagal melakukan install aplikasi melalui play store silahkan coba lakukan restart ulang ponsel.

Banyak pengguna smartphone saat ini jarang mematikan atau melakukan restart ulang sistem ponsel dengan asumsi ponsel tidak ada masalah ketika dijalankan. Padahal secara rutin melakukan reboot / restart sistem semisal 3 hari sekali bisa me-refresh sistem agar bekerja lebih optimal. Jadi cobalah untuk mematikan dan memuat ulang sistem ponsel anda.

4. Koneksi Internet lambat

Koneksi data internet di ponsel samsung galaxy J5 yang lambat juga bisa menyebabkan google palay store sering mengalami gagal update dan juga menginstall aplikasi.

Jadi solusinya, coba cek dahulu koneksi internet di ponsel, coba matikan beberapa detik sambungan data dan sambungkan ulang. Bila mempunyai aplikasi cek speed internet bisa anda gunakan untuk mengetahui berapa kecepatan downloadd dan upload koneksi di HP anda.

5. Sistem dan Hardware tidak didukung

Banyak aplikasi yang didalam deskripsinya menjelaskan versi android minimal yang harus dimiliki smartphone. Begitu juga untuk beberapa aplikasi seperti game berat umumnya juga menyertakan spesifikasi hardware minimumm yang harus dipersiapkan untuk bisa melakukan instalasi aplikasi.

Jadi sebelum menginstall aplikasi biasakan membaca deskripsinya dan juga beberapa testimoni di kolom komentar yang disematkan di bawah aplikasi tersebut.

Itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi masalah Gagal install dan update aplikasi di Samsung Galaxy J5 dan tipe lainnya, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon