18/04/2018

3 Alternatif Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime

3 Cara berbagi koneksi internet di HP Samsung Galaxy J2 Prime - Penggunaan koneksi internet di smartphone Android saat ini sudah bisa menjadi kebutuhan primer bagi sebagian penggunanya. Bahkan pegang HP sebentar saja kalau tidak terkoneksi ke internet seperti buka Aplikasi Sosmed, Buka streaming online, buka situs berita dan lainnya terasa kurang afdol.

3 Alternatif Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime

Namun apa bisa jadi masalah tersendiri kalau kuota internet pas habis dan pada saat itu tidak memungkinkan untuk membelinya, entah jarak kios jualan pulsa jauh atau alasan lain sehingga harus mempunyai alternatif lain memperoleh koneksi internet secepat mungkin.

Bagi pengguna Android, kehabisan kuota data bisa diakali dengan menumpang jaringan wifi mapun metode penambatan dari ponsel lain yang masih mempunyai kuota data dan terhubung ke jaringan internet.

Melakukan share atau berbagi koneksi internet di Android sangat mudah sekali, Bisa melalui kabel data maupun melalui perangkat WiFi yang sudah ada di ponsel itu sendiri.
Di kesempatan kali ini admin akan membahas tips berbagi koneksi internet dari HP Samsung galaxy J2 Prime ke perangkat lain, entah itu untuk dibagi ke sesama smartphone maupun ke jaringan PC atau laptop.

3 Cara berbagi koneksi internet Galaxy J2 Prime


Adapun 3 alternatif yang bisa digunakan untuk membagi koneksi internet di HP J2 Prime yaitu bisa melalui Hotspot, melalui tethering Bluetooth dan juga bisa melalui Penambatan USB.

Ketiga cara tersebut umumnya bisa dijalankan tidak hanya dari samsung J2 Prime saja, namun semua seri HP Samsung pasti ada opsi tersebut. Jadi tips yang admin sajikan kali ini tentunya bsia diaplikasikan ke semua smartphone Samsung android.

Adapun kekurangan dan kelebihan dari ketiga jenis koneksi yang bisa digunakan untuk berbagi internet ke perangkat lain diantaranya sebagai berikut:

1. Berbagi internet via Hotspot


Untuk cara sharing internet melalui hotspot di HP Samsung ini pastinya paling banyak digunakan. Hal tersebut tidak lepas dari mudahnya penggunaan serta rata-rata semua ponsel dan laptop saat ini sudah mensupport tangkapan jaringan Wi-Fi.

Kelebihan lain ketika menggunakan hotspot di HP android, yaitu koneksi tanpa perlu menggunakan Kabel alias wireless serta jangkauannya bisa beberapa meter jauhnya (tergantung tembok dan penghalang sinyal lain).

Berbagi internet via Hotspot di J2 PRIME

Adapun cara mengaktifkan Hotspot di HP Samsung J2 Prime sangat mudah sekali, yaitu masuk ke menu Pengaturan > Koneksi > Hotspot selular dan penambatan > kemudian aktifkan 'hotspot selular'

sharing internet samsung j2 prime

Dan untuk melakukan konfigurasi hotspt di HP J2 Prime juga mudah sekali, tinggal masuk ke opsi 'Hotspot selular' kemudian anda bisa mengganti nama Hotspot atau SSID dan juga bsia menambah kata sandi WIFI agar aman dari pembobol jaringan.

2. Berbagi internet via Bluetooth



Untuk opsi berbagi koneksi internet melalui bluetooth memang saat ini jarang digunakan. Namun mengapa opsi ini masih tetap ada di HP Android sampai saat ini?

Adanya opsi berbagi internet di Android via tethering Bluetooth salah satunya untuk memberikan akses pada ponsel atau perangkat lain yang ingin terhubung namun tidak mempunyai koneksi WiFi.

Bisa saja ada ponsel yang perangkat Wi-Finya sedang bermasalah atau tidak bisa terhubung dengan menggunakan opsi hotspot, dan HP tersebut ingin sekali mendapat koneksi internet dari ponsel Samsung J2 kita, maka opsi menggunakan sambungan Bluetooth bisa menjadi alternatif paling tepat.

Kekurangan menggunakan koneksi internet via tethering bluetooth adalah dari sisi kecepatan transfer datanya yang tidak secepat koneksi WiFi.

Meskipun lambat, tapi lumayanlah bisa tersambung ke internet daripada tidak sama sekali bukan?

Untuk cara berbagi internet melalui tethering bluetooth di HP Samsung J2 Prime juga mudah sekali, Opsinya ada dibawah opsi 'hotspot', tinggal aktifkan tethering bluetooth dan aktifkan juga bluetooth ponsel yang ingin terhubung lalu lakukan sambungan, Bila berhasil maka koneksi internet bisa dijalankan saat itu juga meskipun tidak secepat WiFi.

3. Berbagi internet via Penambatan USB

Opsi sharing koneksi internet di HP Samsung J2 prime ke perangkat lain adalah melalui sambungan kabel data atau dinamakan Penambatan USB.

Opsi penambatan ini hanya berlaku antara Ponsel samsung J2 Prime dengan Laptop atau komputer karena menggunakan penghubung berupa kabel data.

Nah, untuk melakukan tehering USB juga sangat mudah sekali, caranya sambungkan kabel data dari ponsel ke Laptop atau PC, kemudian aktifkan opsi penambatan USB yang letaknya ada di bawah opsi Bluetooth tethering.

Kelebihan menggunakan penambatan USB yaitu, koneksi data lancar anatra laptop dengan ponsel, begitu juga HP samsung J2 Prime juga tidak akan kehabisan daya karena selalu terhubung ke komputer yang juga menghantarkan arus listrik untuk pengisian baterai Ponsel.

Nah, itulah Tiga tips cara berbagi koneksi data internet dari HP Samsung galaxy J2 Prime ke ponsel atau Laptop yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon