18/04/2018

Cara Temukan HP OPPO Hilang atau Dicuri

Cara melacak dan menemukan HP OPPO hilang - Pastinya sedih kalau HP OPPO kesayangan hilang, entah itu terselip, terjatuh ketika berkendara, ataupun dicuri orang lain. Namun Bukan Android kalau tidak bisa melakukan sesuatu yang canggih, dan disinilah kehebatan sistem Operasi Android, dimana ada fitur dan aplikasi khusus untuk melacak dan menemukan kembali HP kita yang hilang.

Cara melacak dan menemukan HP OPPO hilang

OPPO sebagai smartphone populer saat ini, selain murah fitur yang dibawa smartphone OPPO makin menggoda pengguna android. Apalagi ponsel yang terkenal dengan kamera selfienya yang beresolusi tinggi ini, menjadi tren anak mudah untuk selalu eksis di media sosial dengan kecanggihan dan hasil jepretan kamera yang memukau.

Di beberapa forum Sosial media dan berbagai situs Teknologi seringkali dibahas tentang bagaimana melacak ponsel android yang hilang, apapun itu mereknya, entah HP OPPO, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Samsung dan lain sebagainya bisa dilacak dengan mudah menggunakan fitur yang sudah google sarankan di Android.

Apakah HP OPPO yang mati bisa dilacak?


Ada suatu pertanyaan yang sering dilontarkan pengguna HP android, yaitu apakah ponsel android yang hilang dalam posisi OFF ataupun masih menyala namun kondisi data internetnya off?

Baca juga:

Cara kerja aplikasi pelacak smartphone android yang harus kita ketahui yakni aplikasi akan melacak dimana posis terakhir dari smartphone berdasarkan autentifikasi yang diberikan terhadap akases lokasi.

Maksudnya, bila ponsel OPPO atau tipe lainnya sudah diaktifkan setting lokasinya untuk pertama kali sebelum hilang, maka secara otomatis Server google akan melakukan sinkron data melalui Server Maps google dan nantinya ketika aplikasi pelacak diaktifkan maka kondisi terakhir letak ponsel yang hilang akan ditampilkan di peta atau maps.

Namun bila koneksi data tidak aktif maupun Off namun settingan lokasi sudah diaktifkan sebelum HP hilang, maka di aplikasi pelacakan juga bisa ditampilkan posisi terakhir ponsel tersebut aktif lengkap dengan lokasinya di Peta.

Dan apabila ponsel tidak pernah dilakukan settting lokasi sebelumnya, meskipun ponsel yang hilang dalam kondisi menyala dan data masih ON, maka proses pelacakan tidak bisa dilakukan disebabkan Server Google maps tidak bisa melakukan tracking posisi yang presisi.

Bisakah melacak OPPO Hilang dengan menggunakan IMEI?


Untuk saat ini, dari pengalaman admin dan juga dari beberapa forum di internet tidak ada jaminan ada aplikasi khusus yang beredar gratis untuk melacak HP OPPO maupun ponsel android tipe lainnya melalui nomor IMEI.

Walau pada dasarnya pelacakan dengan menggunakan nomor IMEI adalah cara paling mudah, namun software yang digunakan juga tidak semua orang bisa memilikinya.

Pelacakan HP Android melalui nomor IMEI biasa dilakukan oleh pihak berwajib atau instansi terkait dengan memanfaatkan tool khusus yang tidak dipublikasikan secara umum.

Nantinya sistem pelacakan melalui IMEI juga akan melibatkan operator selular untuk melakukan tracking pengguna di area yang dituju. Apalagi melakukan pelacakan menggunakan nomor ponsel, pastinya provider selular yang paling berwenang dan pastinya dengan mudah menemukan dimana posisi ponsel dengan kartu yang dituju bisa dilacak.

Cara melacak HP OPPO Hilang atau dicuri

Nah, bagi anda pemilik HP OPPO yang saat ini sedang galau mencari ponselnya yang hilang, entah terselip, lupa menaruh, terjatuh di suatu tempat atau sebab lainnya, bisa menyimak tips yang akan admin bagikan di bawah ini.

Ada 2 metode yang bisa dipakai untuk tracking posisi HP Oppo sobat yang hilang, yaitu dnegan memanfaatkan aplikasi Find My Device milik google maupun menggunakan akun O-Cloud atau server milik OPPO.

1. Dengan Aplikasi Find My Device

Awal mulanya aplikasi milik google untuk pelacakan posisi ponsel hilang bernama Android Device manager, yang sekarang berubah nama menjadi Find My Device.

Aplikasi pelacak ponsel android ini paling populer di Dunia sampai saat ini, dimana penggunaannya cukup mudah dan mempunyai fitur canggih didalamnya seperti bisa menghapus data jarak jauh, menderingkan ponsel jarak jauh walau settingan HP posisi silent (diam) Serta melakukan penguncian ponsel sehingga orang yang menemukan ponsel tidak bisa menggunakannya.

Cara penggunaan Aplikasi Find My Device di HP OPPO mudah sekali, caranya:

a. Unduh aplikasi pelacak android di google play store atau melalui tautan ini > Find My Device

b. Pasang aplikasi tersebut di posel lain, misal pinjam ponsel miik teman, apapun itu merek androidnya bisa.

Melacak dan menemukan hp oppo dengan aplikasi find my device

c. Setelah aplikasi terinstall, silahkan jalankan dan masuk ke akun google (akun Email/Gmail) persis seperti di HP OPPO sobat yang hilang. Jangan menggunakan akun lain karena pastinya gagal melacak.

d. Setelah berhasil masuk, coba lihat apakah posisi posel OPPO masih aktif atau tidak, bila masih aktif mka mudah untuk mencarinya Memanfaatkan Maps yang ditampilkan di ponsel

e. Untuk terlebih dahulu mengamankan data di ponsel silahkan kunci dahulu jarak jauh ponsel, tidakpun juga tidak mengapa kalau ingin HP OPPO anda langsung anda cari.

f. Bilamana di dalam tampilan MAPS letak HP OPPO hilang tadinya dekat dengan posisi anda, gunakan fitur deringkan dari jarak jauh agar ponsel bisa berdering dengan volume maksimal meskipun ponsel OPPO tadinya dalam keadaan silent.

2. Menggunakan Akun O-Cloud OPPO

Nah, bagi anda yang sebelum ponselnya hilang sudah mempunyai akun OPPO Aktif tentunya bisa mencoba fitur pelacakan dengan memanfaatkan O-Cloud.

Menggunakan Akun O-Cloud OPPO

Fitur yang ada di O-Cloud yaitu NearMe Find Phone OPPO, dimana kita bisa melakukan pelacakan posisi ponsel berada saat itu juga, menghapus data, membuat password baru dari jarak jauh, mengambil data kontak, mengirim pesan ke ponsel oppo yang hilang dan masih banyak fitur menarik ditawarkan server O-Cloud.

cara penggunaannya cukup mudah, masuk ke akun OPPO di > server O-CLOUD, kemudian login menggunakan akun oppo yang sama dnegan ponsel yang hilang. Bila berhasil masuk maka anda bisa melacak posisi HP dengan fitur yang ada.

Catatan: Untuk sukse melacak HP OPPO yang sudah terlanjur hilang dan ponsel saat itu lupa tidak ada sambungan data inetrnet yang aktif maka akan lebih sulit ditemukan apalagi ponsel sedang OFF.

Itulah tips melacak HP OPPO yang hilang yang bisa anda praktekkan dirumah, semakin cepat anda melacaknya semakin banyak peluang ponsel bisa ditemukan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Emoticon Emoticon