20/04/2018

Penyebab HP Samsung Hilang Gagal dilacak padahal internet Aktif?

Sebab Gagal melacak HP Samsung yang hilang - Mungkin ada sebagian pembaca yang mengalami masalah Ponsel Samsung android kesayangannya hilang, Namun setelah dilacak dengan metode pelacakan yang benar ternyata tetap gagal. Padahal Internetnya sewaktu hilang masih aktif dan langsung dilakukan tracking, Nah apa penyebabnya?

Sebab Gagal melacak HP Samsung yang hilang

Tidak hanya di HP Samsung Galaxy saja yang bisa terjadi kegagalan saat ingin melakukan tracking atau pelacakan posisi HP yang hilang, Entah itu yang hilang HP OPPO, Xiaomi, Asus, Vivo dan merek lainnya.

Memang bila kejadiannya Ponsel Samsung yang hilang tersebut nyata-nyata kita tahu kalau sewaktu hilang terjatuh atau dicuri sedang tidak aktif data selularnya atau bahkan ponsel dalam kondisi mati atau off, maka kemungkinan untuk menemukan ponsel tersebut juga semakin sulit.

Namun bila kondisi ketika HP android hilang namun kita yakin sambungan data Internetnya masih aktif, maka kemungkinan besar ponsel tersebut akan bisa ditemukan lokasinya bila sesegera mungkin kita lacak menggunakan aplikasi tracking.

Baca tips berikut ini:

Yang menjadi permasalahan, sesudah melakukan install aplikasi pelacak HP dan sudah login ke akun yang benar sesuai akun di HP yang hilang, ternyata aplikasi tracking tidak dapa melacaknya, itu yang membuat makin pusing.

Penyebab Pelacakan HP Hilang gagal dilakukan


Sistem android memang canggih, namun apabila kita salah melakukan settingan didalamnya, tentu kecanggihan ponsel android juga tidak akan maksimal kita rasakan.

Dan untuk kegagalan mencari lokasi HP Samsung yang hilang meskipun data internetnya masih aktif, hal tersebut bisa ada 4 Kemungkinan, diantaranya sebagai berikut:

1. Lupa setting Administrator perangkat

ini yang banyak dilupakan atau bahkan sebagian pengguna HP Samsung galaxy tidak tahu fungsinya.

Dimana fitur Administrator perangkat yang ada di HP Android samsung harus selalu dalam kondisi aktif bila ingin memanfaatkan fitur pelacakan dari aplikasi tracking HP.

Fitur administrator perangkat ini selalu ada di semua merek smartphone android, dimana fungsinya untuk mengizinkan sistem android melakukan fungsi pelacakan jarak jauh melalui jaringan internet.

Jadi untuk berjaga-jaga bila suatu saat nanti ponsel kita hilang, entah dicuri, terjatuh atau terselip di suatu tempat maka 'sedia payung sebelum hujan' lebih baik, dimana kita perlu mengaktifkan fitur administrator perangkat di HP Samsung galaxy milik kita. Lalu bagaimana caranya ?, simak tipsnya di bawah ini:

Cara Setting Administrator perangkat HP Samsung


a. Masuk ke menu pengaturan di HP samsung galaxy sobat. Untuk tutorial kali ini admin menggunakan contoh HP Samsung galaxy dengan versi marshmallow. Untuk versi galaxy yang lain bisa menyesuaikan tempat menunya.

b. Setelah masuk ke menu pengaturan, silahkan masuk lagi ke opsi 'Layar kunci dan keamanan'

Cara Setting Administrator perangkat HP Samsung

c. Kemudian masuk lagi menuju opsi 'pengaturan keamanan lainnya'

d. Masuk lagi ke opsi 'administrator perangkat', dan disitu aktifkan fitur 'temukan perangkat saya' dengan menggeser slider ke kanan, setelah itu tutup kembali pengaturan ponsel.

administrator perangkat HP SAMSUNG

Ketika nantinya ponsel Galaxy Samsung android kita benar-benar hilang, maka secepat mungkin lakukan tracking atau pelacakan menggunakan aplikasi Find my device buatan google atapun melalui situs pelacakan milik samsung.

Begitu juga jangan lupa untuk selalu menyalakan koneksi data HP Samsung ketika bepergian atau dimanapun agar ketika ponsel kita hilang bisa dicari dengan segera.

2. Data internet Nonaktif

Seperti yang admin sampaikan diatas, ketika fitur administrator perangkat sudah aktif sebelum ponsel hilang, maka syarat lainnya data internet harus dalam kondisi aktif.

Bila anda merasa koneksi internet waktu itu sudah nyala namun kenyataanya mungkin kuota habis atau memang sengaja oleh orang lain dimatikan maka pelacakan secara presisi posisi HP Samsung yang hilang akan sulit dilakukan.

Namun kabar gembiranya, walau posisi sambungan internetnya nonaktif, namun aplikasi pelacak masih bisa memberikan informasi kapan terakhir kali HP samsung kita berada lengkap dengan peta atau map-nya sekaligus.


3. Akun google HP berubah

Proses tracking juga melibatkan adanya akun google yang harus aktif di HP Samsung galaxy yang hilang tersebut. Dan apabila ada orang lain yang sengaja merubah akun google (Alamat Email) di HP Android tersebut, maka pencarian ponsel pasti gagal karena server google tidak bisa melakukan sinkron data ke akun yang bersangkutan.

4. Ponsel di-reset

Untuk kejadian yang terakhir ini, pasti sungguh menyebalkan dan tambah pusing, dimana ketika HP Samsung yang hilang tersebut jatuh ke tangan orang lain dan sudah dilakukan pengaturan ulang sistem atau factory reset maka semua akun dan data didalamnya akan hilang.

Pastinya kalau sudah kondisinya ponsel tereset sistemnya maka mustahil ponsel bisa ditemukan posisinya kembali.

Nah, itulah beberapa sebab mengapa HP Android samsung galaxy yang hilang tidak dapat terlacak meskipun koneksi internet masih tersambung. Semoga tips dan ulasan admin diatas bermanfaat untuk para pengguna Android semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon