04/08/2018

Mengatasi Error Tidak Bisa Kirim SMS di HP Samsung

Mengatasi Error Tidak Bisa Kirim SMS di HP samsung - Selalu gagal mengirim Pesan di HP android Samsung menjadi kendala tersendiri meskipun saat ini banyak aplikasi perpesanan via Internet seperti WhatsApp, BBM, Line dan sebagainya.

gagal kirim SMS hp SAMSUNG

Tidak hanya di Smartphone Samsung saja, kejadian error tidak bisa kirim pesan bisa terjadi di beberapa HP android lain seperti gagal pesan di HP OPPO, Lenovo, Xiaomi, Vivo, Zenfone dan sebagainya.

Penyebab utama yang sering terjadi saat ada trouble kirim SMS dari HP android salah satunya bersumber tidak terisinya nomor pusat pesan (SMS center) di pengaturan perpesanan.

Meskipun pada kenyataannya ada beberapa sebab yang memungkinkan terjadinya error kirim SMS di HP samsung seperti aplikasi bermasalah, Kinerja CPU overload, Jaringan yang tidak stabil dan lain sebagainya.

Admin asumsikan tidak ada permasalahan sistem di HP samsung Galaxy, Sinyal dari provider juga bagus dan pulsa utama masih mencukupi tanpa ada masa tenggang yang berlaku.
Baca Juga :


Cara mengatasi SMS gagal terkirim di HP Samsung


1. Restart Ponsel

Coba lakukan restart pada sistem, matikan dan nyalakan ulang HP samsung. Biasanya dengan cara ini bisa mengatasi kegagalan kirim pesan karena masalah crash pada aplikasi perpesanan.

Namun bila sesudah melakukan restart juga tidak mengatasi masalah, bahkan sudah menghapus cache di setelan aplikasi, silahkan lanjut ke penyettingan service center SMS pada tips di bawah.

2. Setting Pusat Pesan Sim Card

nah, untuk melakukan settingan pusat pesan setiap operator selular berbeda nomornya. Dan untuk melihat pengaturan apakah nilai yang ada di pusat pesan benar atau tidak pada HP samsung bisa dengan cara berikut ini:



  • Silahkan buka aplikasi perpesanan bawaan HP Samsung, kemudian masuk ke opsi menu pesan, letaknya di bagian kanan atas
error kirim SMS samsung

  • Setelah itu masuk ke opsi Pengaturan Pesan >> Pengaturan lainnya
  • Kemudian lanjut pilih opsi Pesan Teks, kemudian pilih lagi opsi Pusat pesan
Menu pusat pesan HP samsung

  • Nah, kita bisa melakukan settingan center message untuk kartu Tri, As, Simpati, Indosat M3, Mentari, Smartfren dan sebagainya sesuai kartu yang kita gunakan, dan isiannya adalah sebagai berikut:

Mentari indosat : +628216124, +62816125
Simpati Telkomsel : +6281100000
XL : +62818445009 / +628184450095
Smartfren : +628811223344
3 (Tri) : +6289644000001
AS (Telkomsel) : +62 81100000
Indosat IM3 : +628550000
Indosat IM3 Ooredoo : +628216124

  • Setelah melakukan isian pusat pesan SMS di masing-masing slot kartu yang kita gunakan, silahkan klik tombol Simpan lalu cobalah untuk mengirim SMS kembali.

3. Ganti Slot Sim Card

Kita bisa mencoba cara lain untuk mendeteksi apakah kartu selular yang rusak atau tidak dengan cara memindah letak slot kartu dari tempat pertama ke slot kedua.

Atau bisa juga kita meminjam Sim Card teman dan memasukkan ke HP samsung kita, bilamana ternyata bisa digunakan maka kartu kita bisa jadi yang bermasalah.

Itulah tips mudah mengatasi HP Samsung Galaxy selalu gagal kirim SMS, semoga tips diatas bisa membantu permasalahan sobat Detikinfo.com semuanya.


Emoticon Emoticon