02/10/2018

Cara Ubah Letak Penyimpanan Kamera HP Vivo ke Kartu SD

Dengan merubah lokasi penyimpanan default kamera HP Vivo ke memori kartu MicroSD bisa membuat kapasitas penyimpanan telepon (Internal memori) tidak cepat habis dan menghindari sistem menjadi lambat dan bermasalah saat ingin melakukan update aplikasi.

mengubah jalur penyimpanan kamera HP VIVO

Pada hampir semua HP android, tidak terkecuali merek Vivo, settingan ruang penyimpanan hasil foto kamera berada di memori telepon (ROM), sehingga lambat laun seringnya mengabadikan gambar menjadikan kapasitasnya habis.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan kartu memori tambahan untuk menampung file jepretan kamera HP vivo tersebut. Seberapapun banyak jumlah file foto bisa tertampung, tentunya berdasarkan kapasitas kartu MicroSD yang kita punya.

Tips Mengubah letak file Kamera HP vivo ke MicroSD


Kita bisa merubah jalur penyimpanan file hasil foto kamera HP Vivo apapun itu tipenya, semisal Vivo Y83, Y71, Y81, X21, Y11, Y53, V9 dan lain sebagainya.

Baca juga tips Memformat kartu Memori MicroSD di HP vivo dan Cara menghemat Daya baterai HP vivo tidak cepat Drop

Pada tips di bawah ini saya mencontohkan menggunakan HP vivo Y71 dengan color OS 4.0, dan untuk tipe lain bis amenyesuaikan letak menunya yang hampir sama.

1. Langkah pertama buka aplikasi kamera bawaan Vivo

2. Setelah kamera terbuka, kita masuk ke opsi pengaturan yang ada di bagian atas berupa ikon roda gigi (Lihat contoh gambar)

\settingan lokasi memori penyimpanan kamera vivo

3. Kemudian cari ikon berupa gambar disket, disana ubah penyimpanan telepon ke Kartu SD

4. Kemudian tutup kembali menu settingan kamera dan coba lakukan pemotretan atau foto selfie di Vivo

Untuk melihat hasil foto apakah file berada di memori telepon atau sudah tepat di kartu memori, silahkan klik pada hasil foto tersebut dan masuk ke opsi rincian (ikon berupa tanda seru).

Disana akan terlihat informasi terkait foto, dan ada tulisan jalur penyimpanan, lihat apakah sudah berada di Kartu SD atau belum. Bila suah, berarti settingan kamera berhasil.

Kita juga bisa melihat file hasil foto kamera Vivo dengan membuka langsung isi memori MicroSD melalui aplikasi file manager atau pembuka berkas, lalu arahkan ke memori eksternal dan buka pada folder DCIM.

Demikianlah tips mengubah memori penyimpanan kamera Vivo dari internal ke MicroSD, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon