28/09/2018

Cara Memformat Kartu Memori MicroSD di HP Vivo Y71

Cara Memformat Kartu Memori MicroSD di HP Vivo Y71

Cara Memformat Kartu Memori MicroSD di HP Vivo Y71 - Tanpa menggunakan Komputer atau laptop kita juga bisa memformat ulang kartu SD dengan mudah dan cepat menggunakan smartphone Android, Bahkan tanpa aplikasi tambahan sekalipun.

Memformat ulang memori HP di Vivo Y71

Untuk memformat Memori jenis MicroSD di HP Vivo Y71, apapun merek kartunya, entah itu bikinan Samsung, Adata, V-Gen, Toshiba, Sony atau sejenisnya bisa menggunakan tool bawaan ponsel.

Jadi saat ada masalah atau berkeinginan melakukan format ulang memori MicroSD dan tidak mempunyai perangkat komputer, bisa langsung mengeksekusinya via HP Android, lebih cepat dan juga aman.

Simak juga tips berikut:

Cara Format MicroSD card di HP Vivo Y71


1. Masukkan kartu yang ingin kita format, selanjutnya buka menu pengaturan di HP Vivo

Cara format memori di Vivo Y71

2. Lalu pilih menu 'Pengaturan lainnya', kemudian masuk ke plilihan 'RAM dan Ruang penyimpanan'

3. Setelah halaman penyimpanan terbuka, kita bisa melihat beberapa Info dan tool yang bisa digunakan, seperti info kapasitas RAM, internal memori dan juga kapasitas Kartu SD

langkah format kartu memori di android

4. Langkah selanjutnya, klik pada opsi 'Format Kartu SD'

5. Setelah proses formatting selesai, akan terlihat kapasitas memori kembali utuh

Catatan, yang perlu diingat, saat melakukan proses format memory card maka seluruh data yang ada di dalam memori akan terhapus. Sebaiknya simpan dulu file penting sebelum proses dilakukan.

Kasus Memori card tidak dapat diformat !

Adapun beberapa kasus yang bisa terjadi saat kita ingin memformat memori adalah tidak terdeteksinya kartu atau bahkan ada notifikasi memori gagal diformat. Nah apa penyebabnya?

Salah satu penyebab gagalnya proses format memori di HP android yakni File system rusak, sehingga sistem android tidak bisa mendeteksi keberadaan perangkat eksternal.



Solusinya, kita bisa mencoba menggunakan komputer atau laptop untuk format ulang kartu SD. Biasanya cara ini ampuh untuk mengatasi memori yang tidak terdeteksi atau sulit diformat pada HP android.

Fungsi Format ulang memori

a. Memperbaiki masalah file system di kartu yang error, seperti kadang terdeteksi terkadang tidak

b. Mengubah format file system kartu, semisal dari FAT32 ke FAT atau sebaliknya

c. Menghapus data secara cepat serta memperbaiki beberapa sector di kartu agar kinerjanya tetap stabil dan baik

d. menghapus virus yang bercokol di memori card saat beberapa antivirus tidak bisa mendeteksi atau menghapusnya.

e. Menghapus file penting dengan aman saat kita ingin memindah tangankan kartu kita, semisal ingin dijual atau dikasihkan ke orang lain.

Itulah tips mudah memformat memori kartu SD di HP Vivo Y71 yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon