11/12/2018

Cara Setting Kamera OPPO A3s Supaya Tidak Buram dan Jernih

Tidak jarang pemilik HP OPPO A3s mengalami masalah hasil foto kameranya blur atau buram. Meski pada spesifikasinya sudah dibekali sensor kamera depan 8 MP dan dual lensa untuk belakangnya yakni 13 MP dan 2 MP, namun ternyata tidak meski sudah berteknologi canggih, penggunanya ada yang belum mampu menghasilkan bidikan foto yang maksimal.

mengatur kamera oppo a3s tidak buram

Kemampuan kamera OPPO A3s untuk foto dengan efek bokeh layaknya DSLR camera memang tidak dipungkiri. Banyak pengguna di media sosial seperti di Instagram pemilik HP OPPO A3s ini mengunggah hasil jepretan bokehnya, dan hasilnya jernih dan bagus.

Permasalahan gambar foto kamera A3S yang buram atau blur banyak dibahas pada beberapa forum OPPO dan dengan solusi yang berbeda pula. Baca juga cara menjalankan Dua aplikasi di satu layar HP OPPO A3S

Namun dari beberapa jawaban tentang hasil kamera OPPO A3s tersebut bisa admin simpulkan seperti di bawah ini.

Cara Mengatur Kamera HP OPPO A3S tidak Blur


1. Periksa Kondisi Lensa Kamera

Hal pertama yang mesti diperhatikan saat ingin memotret yaitu pastikan kondisi kaca maupun lensa kamera OPPO A3s tidak kotor.

Periksa juga apakah ada goresan pada lensa kameranya yang menyebabkan foto hasil jepretan buram dan tidak maksimal.

2. Mengatur Auto Fokus

Cek apakah fitur auto focus kamera OPPO aktif atau tidak. Fitur auto ini biasanya disetting sebagai bawaan ponsel untuk mempermudah penggunaan bagi yang awam sekalipun.

Meski auto fokus kamera smartphone tidak diperuntukkan untuk hasil efek bokeh, namun bisa mempercepat fokus terhadap objek saat ingin dipotret dengan hasil yang jernih.

3. Periksa Resolusi Kamera




Periksa juga settingan resolusi kamera bila merasa hasil jepretan Foto OPPO A3s buram atau tidak jernih.

Silahkan atur ke resolusi paling tinggi yang didukung oleh sensor kamera. Memilih resolusi rendah memang akan menghemat ruang memori, namun hasilnya tentunya pixel akan berkurang dan terkesan blur dan tidak tajam.

4. Posisikan dengan benar

Posisi pengambilan gambar saat membidik objek juga berpengaruh terhadap hasil buram tidaknya foto.

Jangan banyak gerakan saat shutter kamera disentuh, dimana ketika kita menekan tombol shutter untuk memotret image maka sensor dan software kamera akan mengolah image untuk dijadikan hasil foto yang tersimpan di ruang penyimpanan.

Sehingga saat kita terlalu banyak bergerak saat memotret, bisa menghasilkan gambar blur dan tidak jelas.

5. Install Aplikasi kamera lainnya

Saat anda merasa software kamera bawaan HP OPPO A3S tidak maksimal untuk menghasilkan image yang tajam dan kurang fitur canggih, maka bisa memilih opsi memasang aplikasi kamera lain yang banyak beredar di google play store.

Anda bisa memilih aplikasi kamera populer yang banyak fitur serta filternya, sehingga hasilnya cocok dengan apa yang kita inginkan.

Itulah beberapa tips mengatasi dan mengatur kamera HP OPPO A3S supaya tidak buram dan jernih hasilnya, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon