19/04/2019

Menghemat Memori Galaxy A30 & A50 dengan Format HEVC Video

Menghemat Memori Galaxy A30 & A50 dengan Format HEVC Video

Di beberapa smartphone Samsung keluaran terbaru sudah dibekali fitur Format Video HEVC. Dan Mirip dengan iPhone 7 dan diatasnya, kita bisa menghemat ruang memori ketika melakukan perekaman Video di Galaxy A30, A50, S9, S10 Series dan beberapa tipe lainnya.

format video HEVC samsung galaxy

Sebelum memulai tips cara setting kamera Samsung Galaxy A30 dan A50 agar file video lebih kecil ukurannya yang bahkan sampai separonya, Perlu admin jelaskan sedikit Apa itu HEVC Format.

Apa yang dimaksud Format HEVC ?

High Efficiency Video Coding atau HEVC adalah metode encoding Video dengan kompresi yang lebih tinggi, dimana hasil file Video akan dikompresi 25 sampai 50 persen. Sehingga membuat ruang penyimpanan lebih lega daripada menggunakan format standar seperti mp4 AVI MPEG dan selainnya.

Baca : Cara Format kartu memori di HP Samsung dengan cepat dan aman.

HEVC sama dengan istilah MPEG-H Part 2 atau H.265, yang mana video yang menggunakan format ini dapat mensupport sampai resolusi 8192 x 4320 pixel. Dan yang menarik, meskipun file bisa dihemat sampai 50 persen, namun tidak mengurangi kualitas resolusi maupun suaranya.

Cara Mengaktifkan HEVC Format Video Samsung A30 dan A50


Di bawah ini adalah langkah-langkah mengaktifkan kompresi file Video di HP Samsung Galaxy A30 A50 serta beberapa tipe yang mensupport fitur HEVC.

  1. Silahkan buka aplikasi kamera bawaan Samsung
  2. Selanjutnya tekan / masuk ke settingan kamera, letaknya di bagian atas ikon roda gigi
  3. Setelah itu aktifkan opsi 'High efficiency Video' dan tutup kembali pengaturan kamera.

menu setting kamera galaxy A30 A50

Sebagai catatan, hasil rekaman video di HP Samsung dengan format HEVC meskipun file berukuran lebih kecil namun tidak semua perangkat bisa memutarnya. Jadi semisal anda memindah atau share video tersebut ke HP lain yang tidak memiliki player (decoding) HEVC maka tidak akan bisa diputar.

Demikianlah pembahasan setting kamera di HP Samsung galaxy A50 & A30 supaya file perekaman video lebih kecil ukurannya dan hemat space memori, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon