29/04/2019

Cara Setting Internet APN HP Realme 3 dan 3 Pro

Koneksi internet merupakan kebutuhan utama bagi pengguna smartphone Realme dan varian lainnya. Bahkan settingan APN juga berpengaruh terhadap baik buruknya koneksi data. Konfigurasi akses poin yang salah menyebabkan gagalnya sambungan internet.

Cara Setting APN internet HP Realme 3 dan 3 Pro

Oleh sebab itu, di setiap smartphone android, seperti dalam contoh kali ini adalah Ponsel Realme 3 dan 3 Pro ada menu khusus untuk menambah ataupun pengedit APN Internet dari kartu selular yang digunakan.

Seperti diketahui, Access Point Names (APN) merupakan jembatan penghubung perangkat smartphone maupun modem yang menggunakan SIM Card dari provider Telekomunikasi untuk tersambung ke jaringan internet.

Setiap SIM Card dengan provider tertentu pasti lain pula cara dan konfigurasi Akses poin-nya. Seperti APN IM3 Indosat, Telkomsel, APN Kartu XL, Tri, Smartfren dan lainnya, semua berbeda pengisian datanya.

Simak juga tips membuat Efek foto Blur pada area belakangnya (Bokeh) di HP Realme dan Baca pula Cara merubah Penyimpanan Memori Kamera HP Realme ke Kartu MicroSD.

Cara Merubah Data APN HP Realme 3 / Pro


Merubah data akses poin biasanya dilakukan saat ada kesalahan pada konfigurasi sebelumnya, entah tanpa sengaja terhapus atau berubah tanpa kita sadari. Nah, bagi sobat belum tahu bagaimana merubah data APN di HP Realme, simak tipsnya berikut ini.

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan dan masuk ke opsi 'Kartu Dual SIM'
Menu APN Internet Realme 3/pro

  • Selanjutnya pilih SIM Card yang ingin diedit / diubah akses poinnya
  • Pilih Opsi 'Nama Jalur Akses', lalu pilih kartu yang ingin diedit
merubah settingan internet APN Realme

  • Sentuh pada bagian yang ingin dirubah konfigurasinya dan jangan lupa klik Tombol Simpan setelah selesai editing.

Cara Membuat APN Baru di HP Realme


Bila anda kurang puas dengan APN Internet yang ada, entah karena ingin jalur akses yang lebih lancar dan stabil, bisa menambah berapapun settingan APN yang anda kehendaki dan mencobanya satu persatu.

Adapun langkah membuat APN Baru di smartphone Realme 3 dan 3 Pro, bisa anda simak langkah-langkahnya berikut ini:




  1. Masuk ke menu Pengaturan dan pilih menu Kartu Dual SIM
  2. kemudian Klik pada SIM Card ingin ditambah konfigurasi akses poinnya
  3. Pilih menu Nama Jalur Akses dan tekan ikon '+' yang ada di pojok kanan atas
  4. Isi beberapa data yang diperlukan, seperti Nama akses poin, Proxy, Port, Nama pengguna, Kode sandi, Server, MSCC dan lain sebagainya.
  5. Bila sudah selesai, klik tombol simpan yang ada di pojok atas kanan.

menambah data APN Internet HP Realme

Perlu diingat, Meskipun konfigurasi Point Akses internet sudah benar, namun masalah koneksi data di ponsel Realme yang lemot atau tidak sesuai keinginan kita kecepatannya, bisa disebabkan beberapa hal.

Beberapa sebab Lemotnya jaringan Internet di HP Realme selain kesalahan data akses poin diantaranya Sistem android terlalu sibuk, Provider selular melakukan perbaikan jaringan, ada banyak aplikasi di background yang aktif dan menggunakan koneksi data serta beberapa penyebab lainnya.

Semoga pembahasan singkat cara menambah dan merubah APN di HP Realme 3/Pro diatas bermanfaat buat pembaca Detikinfo.com, terima kasih.


Emoticon Emoticon