22/05/2019

IG, FB dan WhatsApp Trouble Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layanan WhatsApp (WA) maupun Instagram (IG) yang bermasalah bisa disebabkan beberapa hal seperti Server bermasalah, Aplikasi trouble atau bahkan ada pemblokiran oleh Pemerintah di suatu Negara karena alasan Politis dan keamanan.

WA IG dan FB trouble atau down

Sebagaimana contoh trouble tidak bisa berkirim pesan, mengupload Foto atau video di WA maupun Instagram bisa disebabkan adanya pembatasan layanan pada suatu wilayah tertentu, tergantung dari permintaan pemerintah yang tentunya mempunyai alasan untuk melakukannya, seperti menekan Hoax di medsos, membatasi peredaran video dan foto berantai di WA atau IG dan sebab lainnya.

Namun tidak hanya itu, permasalahan gagal mengirim status atau berkirim pesan di WhatsApp juga bisa terjadi karena faktor Server dan juga dari smartphone penggunanya.

Penyebab WhatsApp dan Instagram Error


  • Aplikasi di smartphone bermasalah / Rusak
  • Sambungan data Internet terputus
  • Terlalu banyak Cache yang menyebabkan Sistem error
  • Server pusat layanan aplikasi bermasalah
  • Ada kebijakan pembatasan dari pihak berwenang untuk Blokir Aplikasi

Mengatasi WA / IG Trouble Masalah Aplikasi / Sistem

Bila terjadi masalah tidak dapat chatting, update status atau melihat pesan di WhatsApp / Instagram dan ternyata teman di sekitar anda masih bisa melakukannya dengan normal, maka bisa terjadi karena beberapa sebab seperti Aplikasi bermasalah, Sistem Android error atau sambungan data tidak terhubung.
Baca Juga :


Pastikan dulu bukan masalah kehabisan kuota atau internet yang bermasalah. Setelah itu, coba restart ponsel anda. Umumnya sistem bermasalah akan menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan normal dan memuat ulang sistem dengan mematikan lalu menyalakan kembali menjadi solusi terbaik.

Bila setelah HP direstart ternyata WhatsApp atau Instagram tetap trouble, silahkan bersihkan cache aplikasi. Dimana banyaknya file cache maupun file sampah di sistem akan menyebabkan crash sebagian aplikasi.

Tapi bila semua langkah diatas tidak menyelesaiakan masalah, coba uninstall atau copot aplikasi IG atau WA. Lalu install kembali dari aplikasi google play store.

WhatsApp / instagram server bermasalah / Diblokir

Bila teman anda juga mengalami hal yang sama, tidak dapat mengirim pesan, berkirim video atau foto di IG dan WA, bisa juga disebabkan server layanan sedang mengalami gangguan atau perbaikan.



Dimana seringkali imbas dari rencana penggabungan WhatsApp, Facebook dan Instagram menjadi lintas platform menjadikan banyak bug atau permasalahan dalam beberapa waktu ini.

Bila kejadian server layanan IG / WA atau FB yang bermasalah, tentunya tidak ada yang dapat kita lakukan karena kita tahu sendiri kalau aplikasi ini gratisan dan tidak ada perjanjian mengikat penggunanya untuk menggugat bila server down atau masa perbaikan.

Lalu bila kejadiannya adalah satu wilayah / Negara layanan WhatsApp, Instagram atau FB dibatasi biasanya akan ada pengumuman resmi dari pihak berwenang seperti Kepolisian, Menteri Polhukam atau Kementerian Informasi dan Telekomunikasi yang menjelaskan alasan dilakukan pemblokiran.

Seperti Negara seddang dalam kondisi genting untuk melawan hoax yang banyak beredar di aplikasi medsos terpopuler saat ini yakni FB, WhatsApp ataupun Instagram.

Banyak yang menggunakan trik mengalihkan IP address layanan internet untuk bisa berkirim pesan yakni via Layanan VPN (Virtual Private Network). Yang mana alamat internet (IP) akan dialihkan ke lalu lintas luar Negeri sehingga tidak menggunakan jalur akses yang di blokir oleh pihak berwenang.

Tentunya tidak semua orang bisa memanfaatkan fasilitas VPN yang bisa dibilang tidak mudah untuk mengaturnya bagi yang masih awam. Dan oleh sebab itu, tidak ada jalan lain untuk bisa menikmati fasilitas aplikasi WhatsApp, Facebook dan instagram kembai normal sesudah akses blokir dinonaktifkan.


Emoticon Emoticon