18/06/2019

Tips Foto Kiriman WhatsApp Tidak Masuk Otomatis di Galeri

Berkirim pesan di Chattingan WhatsApp sudah menjadi hal yang umum saat ini untuk pengguna smartphone. Dan pada kondisi default, setiap kiriman gambar dan Video dari grup atau teman akan tersimpan di galeri ponsel.

Tips Foto Kiriman WhatsApp Tidak Masuk Otomatis di Galeri

Meski demikian, pada beberpa pemilik smartphone android yang berspesifikasi ruang penyimpanan kecil akan menjadi problem kala banyak obrolan di inbox teman atau group sering mengirim pesan berupa file foto dan video, yang berakibat memori HP cepat penuh.

Memori atau ruang penyimpanan HP yang kapasitasnya sudah minim akan berdampak pada kinerja aplikasi maupun sistem. Dimana salah satu efeknya ponsel berjalan lemot tidak responsif dan sering kiriman file video maupun foto tidak tampil meskipun sinyal internet kondisi bagus.

Salah satu penyebab memori HP cepat penuh kala kita sering berinteraksi melalui media sosial WhatsApp adalah banyaknya file gambar atau Video yang tersimpan di galeri, tepatnya ada pada memori internal smartphone.

Simak juga Tips agar status WA tidak terlihat oleh teman dan kontak tertentu atau tutorial tentang cara Blokir nomor atau Kontak di WhatsApp.

Untuk mengatasi ruang memori HP yang sudah full karena banyaknya file video dan foto, sebenarnya bisa dipindah secara manual ke eksternal memori dengan menambah kartu MicroSD ke ponsel.

Namun ada cara antisipasi lebih mudah kala kita sering menggunakan whatsApp untuk saling berkirim pesan berupa foto/video, yakni melakukan pengaturan supaya tidak otomatis gambar dan video diunduh masuk ke galeri ponsel.

Untuk mengetahui bagaimana caranya supaya foto kiriman teman di WA tidak terbuka otomatis dan tersimpan di memori HP, silahkan ikuti langkah-langkah pengaturannya berikut ini:

menu setelan unduhan media otomatis WA

  1. Buka dulu Aplikasi WA dan tekan menu di pojok kanan atas
  2. Pilih Setelan kemudian masuk ke "penggunaan data dan penyimpanan"
  3. Klik pada "Saat menggunakan data selular", lalu hilangkan centang pada bagian Foto serta Video, klik tombol oke.
  4. Lanjut lagi pilih "Saat terhubung ke Wi-Fi", hilangkan juga centang pada video dan Foto.
  5. Setelah itu tutup kembali menu setelan di WhatsApp.

pilihan unduhan media video foto Whatsapp

Sesudah melakukan settingan seperti diatas, nantinya kala menerima inbox dari teman atau grup WA berupa gambar / video, akan terlihat buram dan di tengahnya ada icon panah melingkar yang berfungsi untuk mengunduh.



Bila anda ingin melihat tampilan video maupun gambar kiriman tersebut, klik saja pada bagian tengah file, sesudah terunduh maka kiriman foto/video akan terlihat dan otomatis masuk ke ruang penyimpanan, tepatnya di galeri ponsel.
Baca Juga tips berikut:


Kesimpulannya, dengan menonaktifkan unduhan otomatis media di aplikasi whatsApp, bila andda memutuskan untuk tidak melihat atau mengunduh file-nya maka tidak akan tersimpan, Jadi lebih bisa menghemat ruang penyimpanan.


Emoticon Emoticon