04/01/2020

Cara Agar Nomor HP di Facebook Tidak Terlihat

Salah satu pengaturan Privasi di aplikasi facebook yang sangat berguna yaitu bisa menyembunyikan nomor ponsel supaya tidak terlihat oleh teman atau orang lain bila mereka sedang mengakses profil FB kita.

Sembunyikan nomor hp dari profil facebook

Meskipun tujuan utama menampilkan nomor selular di profil facebook agar setiap teman bisa melihatnya dan mudah untuk menghubungi kita, namun pada beberapa kasus perlu tindakan untuk mengatur supaya nomor HP tersembunyi, hanya pemilik akun saja yang mengetahui karena beberapa sebab perihal privasi.

Untuk menghindari penyalahgunaan nomor ponsel yang kita share di profil akun facebook kita, seperti aksi penipuan oleh pihak lain, penyebaran hoax dan spam maka langkah antisipasi yang bisa dilakukan salah satunya mengatur supaya nomor HP tidak terlihat oleh umum, baik itu teman maupun orang lain yang belum meminta pertemanan.
Baca Juga :


Adapun langkah-langkah untuk setting privasi menyembunyikan nomor selular di profil facebook yaitu sebagai berikut:

menu privasi hidden contact facebook

  • Pertama jalankan aplikasi FB dan di bagian beranda masuk ke opsi Menu (Letaknya lihat contoh gambar)
  • Langkah selanjutnya masuk ke Pengaturan & Privasi > Pintasan Privasi > Lihat pengaturan Privasi lainnya.
  • Lanjutkan memilih menu 'Kelola Profil Anda' di halaman tersebut.
  • Tekan menu Edit di bagian info kontak yang ada nomor ponsel anda.
  • Kemudian pada sisi sebelah kanan nomor HP yang tampil silahkan klik ikon untuk mengubah pilihan, ganti dengan opsi 'Hanya Saya'
  • Setelah selesai tutup kembali menu pengaturan facebook.

edit profil kontak di facebook

Bila sudah melakukan tahapan seperti tutorial diatas, maka setiap teman atau orang lain yang melihat-lihat profil facebook anda tidak akan bisa melihat nomor kontak yang tertera.

Demikian pula anda juga bisa memilih opsi hanya teman yang sudah menjalin pertemanan saja yang dapat melihat nomor ponsel yang anda bagikan, jadi bukan untuk diperlihatkan secara publik (Umum). Caranya tinggal memilih opsi 'Teman', bukan opsi 'Publik'.

Pada menu edit Profil facebook, kita bisa menambah maupun merubah nomor selular yang kita kehendaki. Semisal kartu yang lama sudah tidak aktif lagi dan ingin merubahnya dengan nomor ponsel yang baru. Atau sekedar menambahkan lebih dari satu nomor juga bisa.

Bahkan saat anda memutuskan untuk menghapus nomor ponsel dari akun facebook, bisa memilih opsi 'Hapus telepon selular di pengaturan Akun' pada menu Edit profil.

Namun yang perlu diingat, bila nomor yang anda gunakan untuk proses login ke akun facebook, maka nomor tersebut tidak boleh dihapus kecuali anda harus terlebih dahulu memasukkan kontak kedua untuk penggantinya terlebih dahulu.

Demikianlah cara mudah menyembunyikan nomor kontak agar tidak terlihat di profil facebook kita, semoga bermanfaat untuk sobat pembaca semua.


Emoticon Emoticon