21/05/2020

Cara Mengatasi Notifikasi Pesan Masuk WhatsApp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Pesan Masuk WhatsApp Tidak Muncul

Berkirim pesan ke sasama teman atau grup di WhatsApp mungkin sudah biasa anda lakukan, Namun kalau tiba-tiba Notifikasi tidak tampil di layar saat ada pesan masuk tentu menjadi masalah. Akibatnya dalam kotak inbox sudah bertumpuk message yang terlambat dibaca.
memunculkan peringatan pesan masuk WA

Hampir semua tipe smartphone bisa mengalami tidak munculnya notifikasi saat ada pesan masuk WhatsApp Seperti pada merek HP Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO dan lain sebagainya. Namun sobat semua tidak perlu risau, karena langkah-langkah untuk mengatasi persoalan tidak tampilnya Notif di layar ponsel bisa diatasi dengan mudah.

Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan saat mengalami aplikasi WhatsApp tidak bisa menampilkan peringatan saat ada pesan masuk dari chat perbadi maupun grup, Silahkan disimak.

1. Reboot Smartphone

Langkah paling mudah mengatasi peringatan pesan masuk WhatsApp tidak muncul di layar pertama kali lakukan restart sistem.

Dimana mematikan serta menyalakan kembali smartphone berfungsi untuk me-refresh sistem supaya aplikasi bisa bekerja kembali secara normal.

Baca juga: Cara video call WhatsApp di Laptop dan Mengaktifkan Mode tampilan gelap di aplikasi WhatsApp

Seringkali penyebab tidak berfungsinya salah satu fitur di aplikasi maupun menu smartphone disebabkan crash pada sistem ponsel. Untuk mengembalikan beberapa fungsi yang berhenti, rekomendasi pertama yaitu mereboot ponsel.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Setelah mereboot ponsel tidak mengatasi masalah dan notifikasi tidak juga mucul di layar saat ada pesan masuk, coba untuk menghapus file sampah mapun cache aplikasi WA.

Hampir semua tipe smartphone saat ini sudah diberikan aplikasi pembersih cache dan file sampah bawaan pabrikan. Dan daam penggunaannya sendiri sangat mudah, cukup menjalankan aplikasi pembersih cache dengan sekali klik.

Namun bila ingin membersihkan seccara manual file cache WhatsApp agar semua fungsi bisa kembali normal bisa melalui menu Pengaturan di smartphonne, Lalu masuk ke bagian Aplikasi, Pilih aplikasi WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Cache.

3. Setting Notifikasi dari Aplikasi WA

Terkadang anda tidak sadar sudah melaukan perubahan pada settinga aplikasi dan lupa bagaimana mengembalikan pengaturan karena lupa letak menunya.

Di aplikasi WhatsApp sendiri sudah tersedia menu setelan untuk mengaktifkan atau mematikan notifikasi, Caranya sebagai berikut.

mengaktifkan dan mematikan notifikasi di aplikasi WA

  • Buka WhatsApp dan masuk ke menu di pojok kanan atas
  • Pilih menu setelan > Notifikasi
  • Di halaman ini aktifkan menu "Gunakan notifikasi prioritas tinggi"
  • Setting juga bagian Notifikasi Pop-up apakah ingin diaktifkan atau tidak

Jangan lupa memeriksa bagian grup apakah notifikasinya sudah diaktifkan atau belum. Anda juga dapat merubah nada dering saat pesan masuk, baik untuk chat personal maupun group.

4. Setting Notifikasi WA dari menu Pengaturan HP

Pada pengaturan smartphone kita juga dapat memeriksa apakah notifikasi pesan aplikasi WhatsApp aktif atau nonaktif, caranya sebagai berikut:

menu pengaturan notifikasi aplikasi di android

  • Masuk ke setelan atau pengaturan smartphone
  • Pilih menu Aplikasi, lalu cari "WhatsApp"
  • Cek apakah opsi "tampilkan notifikasi" sudah aktif atau belum, silahkan diaktifkan.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas seharusnya aplikasi whatsApp di HP android sudah dapat memunculkan notifikasi bila ada pesan masuk.

Bila tidak juga mengatasi masalah, maka opsi terakhir yang disarankan adalah mencopot aplikasi dan menginstall ulang WhatsApp dari google play store.

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon