23/03/2017

Cara membuat Ces HP dengan Baterai Kotak 9 volt

Cara membuat Ces HP dengan Baterai Kotak 9 volt - Bila sebelumnya admin telah membagikan tipps tentang cara membuat charge darurat dari Baterai ABC atau Alkaline tipe AA, kali ini Admin DetikInfo kembali memberikan tutorial masih seputar pembuatan alat pengisian daya HP dengan memanfaatkan baterai sebagai sumber arusnya, Dimana kali ini bahan penyuplai arus bukan dari baterai kecil 1,5 volt namun dari sebuah baterai Besar atau Kotak ber-voltase 9 Volt.

Baca : Cara buat Charge HP dari baterai ABC/Alkaline

Baterai kotak yang umum ada di pasaran saat ini dan bisa didapat di beberapa toko kecil sekalipun mempunyai voltase sebesar 9 volt. Disini kasusnya akan lain ketika menggunakan baterai kecil 1,5 volt yang bisa langsung dirangkai sedemikian rupa dengan metode serial atau paralel sehingga menghasilkan vltase yang sesuai peruntukannya sebagai alat charging HP.

cara buat ces hp dengan baterai kotak 9 volt

Menggunakan baterai kotak sebagai sumber arus untuk alat charger harus diturunkan dahulu tegangannya dengan komponen elektronik seperti IC maupun Resistor. Nah, didini nanti admin Detikinfo akan menggunakan satu buah IC saja sebagai penurun tegangan yang berasal dari baterai kotak tersebut.

Perlu diketahui, bahwa tegangan yang dibutuhkan untuk melakukan Ces (pengisian daya) di HP saat ini umumnya adalah 5 sampai maksimal 6 volt, bila kurang dari nilai Lima volt tentu baterai tidak akan terisi walau di layar bisa menampilkan notifikasi atau tanda mengisi.

Penggunaan alat charging berupa baterai yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai alat charge tentunya tidak untuk digunakan seccara terus menerus, selain boros anggaran karena beli baterainya saja mahal perbijinya juga tidak akan efektif untuk dibawa kemana-mana.






Cara Buat rangkaian Cahrge HP dengan Baterai Kotak

Langsung saja kita menuju ke ruang praktek, di bawah ini adalah cara membuat rangkaian alat charge HP menggunakan baterai Kotak 9 Volt, dimana admin hanya menjelaskan skema rangkaian serta hasil output dari rangkaian tersebut. Tentang bagaimana cara merangkainya agar indah dan mudah dibawa tentunya opsi charge darurat ini hanya pembacalah yang mungkin lebih kreatif dari admin..hehe.

1. Siapkan 1 buah baterai kotak merek apa saja, bisa ABC, Panasonic, Sanyo, Energizer dan lain sebagainya

2. Siapkan pula IC 7805 satu biji dan kabel, anda juga bisa membeli konektor khusus untuk baterai kotak agar mudah dicopot dan ditancapkan, tidak menggunakan alat itupun juga tidak apa-apa hanya berbekal isolasi, lha namanya baterai charge darurat..hehe

3. Untuk harga IC 7805 di toko elektronika hanya sekitar Dua ribu Rupiah saja, jadi selain bentuknya kecil juga bisa dibawa kemana-mana bila dalam keadaan darurat tidak membawa alat charging.





4. Lanjut, silahkan simak rangkaian untuk membuat alat ces HP dari baterai kotak di bawah ini :

rangkaian baterai hp dengan beterai 9 volt kotak

Keterangan :


  • Untuk hasil tegangan output rangkaian diatas adalah sebesar 5 volt setelah keluar dari komponen IC 7805
  • Bila dirasa pengisian terlalu lama anda bisa menggunakan 2 buah baterai 9 volt yang dirankai secara Paralel, ingat ! harus paralel bukan seri, karena rangkaian 2 baterai secara paralel akan memperoleh hasil tegangan tetap namun ampere yang lebih besar untuk proses pengisian daya HP yang cepat.

Bagaimana, sudah siap untuk praktek membuat charge dari baterai Kotak 9 volt ?, semoga tips diatas bermanfaat untuk pembaca semua dan jangan sungkan untuk bertanya bila ada kesulitan di dalam kolom komen di bawah artikel ini, terima kasih.

2 komentar

Bisa jadi alternatif carger Hp pada saat darurat dong, tapi satu baterai 9volt bisa berapakali carger Hp penuh tuh, dan alatnya itu hasil modifikasi atau ada di toko Gan?

charge HP darurat mas,,hehe. untuk keperluan charge tergantung dari besar kecilnya ampere baterai HPnya, bisa satu kali charge habis kalau ponsel punya daya baterai besar dan kondisi kosong... :)


Emoticon Emoticon