23/03/2017

Cara Buat Charge HP dengan Baterai ABC dan Alkaline

Cara Buat Charge HP dengan Baterai ABC dan Alkaline - Melakukan pengisian daya baterai menggunakan Powerbank sudah umum dilakukan bagi pemilik smartphone. Namun adakalanya ketika bepergian atau dalam keadaan darurat tidak membawa Alat charge dan tidak ada sumber arus selain Baterai yang ada di dalam tas, tentunya sebagai insan yang kreatif harus pandai mengakali baterai kecil tersebut menjadi sebuah alat charging yang bisa mengisi daya ponsel dalam keadan kepepet (darurat).

Melakukan pengisian daya menggunakan baterai yang umum kita temui seperti merek baterai tipe AA contoh ABC, Alkaline, Sanyo dan lain sebginya bisa menjadi alternatif pengganti powerbank. Bahkan bila anda mempunyai perangkat power Bank yang sudah rusak dari segi baterainya anda juga bisa memanfaatkannya untuk diisi dengan baterai 'pasaran' tersebut.

Cara buat ces dari baterai abc atau alakaline

Bicara mengenai membuat ces (charge) HP dari baterai ABC, Alkaline atau merek lain tentunya kita harus tahu dahulu sedikitnya tentang tegangan serta arus atau Daya. Sangat berbahaya bagi perangkat yang ingin di-charge bila anda sembrono langsung membuat suatu rangkaian tanpa tahu ilmunya dan tidak tahu hasil output tegangan serta daya yang dihasilkan, bisa- bisa ponsel bisa meledak dan tidak sepadan dengan apa yang anda usahakan untuk membuat alat charge minim cost tersebut.

Baca : Sebab peringatan Tegangan Pengisian daya terlalu tinggi

Sebelum beranjak ke sesi tutorial tentang cara membuat powerbank darurat untuk HP android atau smartphone lainnya, kita harus tahu dahulu seecra singkat apa itu rangkaian paralel dan Serial.

1. Rangkaian Paralel

Dalam pengertian sederhana agr mudah dicerna oleh setiap pembaca, bahwasanya sistem rangkaian paralel menghasilkan arus yang lebih besar dengan tegangan sama. Maksudnya disini contoh, bila anda mempunyai 2 buah baterai yang masing-masing mempunyai Voltase 1,5 volt dan arus 300mAh dan dihubungkan secara paralel maka hasil outputnya tetap 1,5 volt namun mempunyai arus yang lebih besar (total keduanya) yaitu 600mAh.

Semakin banyak anda membuat rangkaian sautu baterai menjadi smbungan paralel maka semakin besar ampere yang dihasilkan. Semakin tinggi ampere maka semakin kuat arus untuk melakukan pengisian daya dan lebih cepat.

2. Rangkaian Seri




Pengertian sederhn dri sebuh rangkaian seri yaitu tegangan merupakan hasil total dari banyaknya baterai yang dirangkai sedangkan dayanya tetap. Contoh sederhana, anda punya 2 buah baterai dengan spesifikasi seperti nomor 1 diatas, mak bila anda rangkai secara serial akan didapatkan output tegangan 3 volt dengan ampere tetap yaitu 300mAh.

Baca : Cara Buat Ces HP dari baterai Kotak 9 Volt
atau Baca : Penyebab Baterai HP gampang Drop
Cara Membuat Charge HP dengan baterai ABC / alkaline tipe AA

Pembaca Detik Info pasti seringkali menjumpai baterai jenis AA ini untuk keperluan Jam dinding, Mobil remote mainan, baterai remote TV dan lain sebagainya. Merek bisa berlainan tapi secra umum bila anda membaca pada label atau bodi baterai akan didapati nilai Voltase sebesar 1,5 Volt.

Yang mungkin anda cari ketika melihat bodi baterai adalah berapa ampere tau aya yang dikeluarkan ?, inilah yang pertanyaan bagi sebgian pengguna baterai pasaran ini. Produsen tampaknya tidak secara detail menerangkan berapa output daya yang dihasilkan, atau mungkin memang sang Produsen baterai 'pasaran' ini sengaja untuk disembunyikan, ah pusing amat mikirnya..hehe

Kebanyakan baterai AA bermerek ABC (warna bitu putih atau hitam) atau Panasonic (biru) mempunyai nilai 1,5v dengan 300-an mAh, namun untuk baterai alkaline atau energizer daya yang dikeluarkan bisa lebih besar sekitar 600-800 mAh. Maka dari itu dari sisi harga lebih mahal dan lebih awet dari baterai ABC atau Panasonic karena daya yang dikeluarkan lebih besar.

Untuk praktek nantinya kita tidak menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, karena umumnya baterai jeins Rechargeable (bisa diisi ulang) mempunyai daya yang lebih besar dari tipe baterai yang dijual bebas di toko-toko kecil sekitar rumah anda, jadi gunakan baterai biasa saja, murah meriah.

Kita masuk ke Inti pembahasan yaitu cara membuat charge HP dengan menggunakan baterai ABC atau alkaline tipe AA (baterai jam dinding), yuk simak tipsnya di bawah ini.

  • 1. Charge HP dari Baterai ABC / Panasonic




    • - Siapkan 8 buah baterai ABC kecil (tipe AA), lho mengapa harus 8 apa tidak kebanyakan ?, tenang saja nanti ada penjelasannya kok..sabar ya...
    • - Bila sudah siap, saya beranggapan nantinya hasil rangkaian berupa smbungan kabel atau cara penataannya andalah yang lebih siap berkreasi, jadi admin hanya memberitahukan rangkaian intinya saja.
    • - Silahkan anda hubungkan baterai ABC seperti gambar di bawah ini
    cara buat ces HP dengan baterai ABC

    • - Penjelasan : mengapa harus 8 baterai ABC untuk membuat charge HP android ?, jawabannya : dalam satu baterai ABC ada 1,5 volt tegangan dan mempunyai daya sekitar 300-400an mAh, Ketika ingin menghasilkan tegangan output 6 volt maka dilakukan rangkaian seri dan paralel seperti gambar diatas. Ampere output yang dihasilkan sekitar 800an mAh dan sudah bisa mendorong arus ke pengisian baterai ponsel. Untuk tegangan 6 volt yang dihasilkan untuk proses charge masih aman digunakan dan tentu stabil karena menggunakan baterai bukan dari arus hasil induksi seperti charger yang dicolokkan ke stop kontak.

    • 2. Charge HP dari baterai Alkaline / Energizer

    • - Siapkan 4 buah baterai Alkaline atau Energizer, mengapa harus 4 tidak 8 seperti punya ABC diatas ?, karena daya yang dihasilkan lebih besr dari masing-masing baterai.
    • - Rangkai baterai seperti gambar di bawah ini

    rangkaian ces HP engan baterai alkaline

    Nah, ada pertanyaan lagi, bagaimana agar pengisian daya dari rangkaian ces dari baterai ABC atau Alkaline bisa lebih cepat ?, jawabannya adalah dengan menambah baterai dengan dirangkai paralel, maka daya yang dihasilkan lebih besar dengan voltase yang tetap.

    Bagaimana, sudah siap praktek membuat rangkaian baterai untuk ces HP ?, semoga tips diatas bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah artikel ini ya...terima kasih.


    Emoticon Emoticon