17/07/2018

Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Mati sendiri

Cara mengatasi HP Xiaomi sering mati - Masalah error pada Ponsel Xiaomi seperti sering Hang, layar macet dan bahkan sistem sering restart sendiri bisa terjadi kapan saja. Apalagi saat baterai masih full tiba-tiba Android mati dengan sendirinya dan restart otomatis tanpa kita sadari.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Mati sendiri

Permasalahan error pada HP Android Xiaomi bisa terjadi pada semua tipe yang ada, seperti error pada Xiaomi Mi A1, Redmi Note, Redmi 5A, Xiaomi Redmi 3, 4 dan beberapa tipe lainnya. Dan rata-rata penyebab dan cara mengatasinya juga sama saja.

Penyebab Error HP Xiaomi


Kendala HP Xiaomi sering restart sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya seperti di bawah ini:

  • Ada file sistem dan Aplikasi yang rusak
  • Xiaomi kondisi sudah root
  • Overheat atau suhu terlalu tinggi di CPU / Prosesor
  • Habisnya kapasitas RAM Xiaomi
  • Ada malware atau virus yang menginfeksi Aplikasi / sistem
  • Melakukan Custom ROM abal-abal
  • Sering install aplikasi dari pihak tidak resmi
  • Salah dalam melakukan flashing firmware Xiaomi, dan lain sebagainya
Baca Juga Tips Xiaomi berikut:

Cara mengatasi HP Xiaomi sering Mati sendiri


Bagi anda pengguna smartphone asal china ini dan sering mengalami HP tiba-tiba macet atau mati sendiri padahal kondisi baterai masih penuh, silahkan simak tips mengatasinya di bawah ini:

1. Uninstall Aplikasi dan game

Banyaknya game dan aplikasi yang tidak kita butuhkan atau jarang sekali digunakan bis amenyebabkan proses CPU bekerja ekstra dan membutuhkan RAM yang tidak kecil.

Banyak aplikasi di android Xiaomi berjalan di background tanpa kita sadari, seperti aplikasi Sosial media FB, BBM, WhatsApp, Twitter dan lainnya karena harus ada sinkron data secara terus-menerus dengan server penyedia aplikasi tersebut.

Nah, untuk anda yang suka install banyak game atau aplikasi yang jarang sekali digunakan, sebaiknya ccopot dahulu dan pasang kembali bila memerlukan agar sistem tetap ringan tidak gampang macet atau Hang.

2. Bersihkan Cache dan file sampah

Banyaknya file cache yang ada di sistem akan menyebabkan proses data di sistem akan menguras kinerja CPU serta RAM, Menjadikan ponsel malah melambat, Xiaomi sering macet dan bahkan banyak aplikasi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Lakukan pembersihan File Cahe dengan memanfaatkan fitur pembersih file cache yang ada di ponsel atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga semisal clean master yang populer, bisa diunduh via play store.

3. Copot kartu MicroSD

Kartu MicroSD di xiaomi

Banyak kasus ruang penyimpanan eksternal seperti kartu microSD di dalam HP Xiaomi menyebabkan sistem error atau ponsel sering mati dengan sendirinya.

Untuk mencoba apakah kartu SD yang error meskipun masih bisa diakses atau penyebab lainnya, bisa mencoba melepasnya terlebih dahulu dan restart ulang Xiaomi.

4. Jalankan Antivirus

Kita bisa mencoba menginstall antivirus dan melakukan scan menyeluruh terhadap sistem dan ruang penyimpanan di dalam HP Xiaomi.

Adanya Virus yang menjangkiti sistem Xiaomi bisa mengakibatkan kinerja CPU Overload dan akibatnya HP sering macet, Kuota data internet sering habis tersedot, Aplikasi banyak yang tidak bekerja, Menu di Xiaomi hilang dan error lainnya.

Agar sistem tetap prima dan cepat, maka setelah melakukan pemindaian virus di Xiaomi, silahkan copot antivirusnya agar tidak membebani kinerja sistem juga.

5. Unroot Sistem




Bilamana kondisi HP xiaomi saat ini di root, maka coba lakukan Unroot supaya sistem kembali ke dalam kondisi default dan sistem keamanannya juga terjaga.

Meskipun sangat powerfull untuk meningkatkan performa sistem android, Root seringkali menyebabkan error pada kinerja sistem dan kerusakan pada beberapa filenya. Bahkan akhirnya mengharuskan pengguna android untuk melakukan flashing ulang.

6. Copot aplikasi yang error

Coba perhatikan dengan seksama aplikasi mana yang berpotensi menyebabkan HP Xiaomi sering restart sendiri atau error saat dijalankan.

Bila ada salah satu aplikasi yang dipastikan menyebebkan problem sistem, silahkan copot aplikasi tersebut dan install ulang aplikasinya dengan mengunduhnya dari play store atau market terpercaya.

7. Lakukan reset

Anda juga bisa melakukan factory reset atau hard reset pada sistem Xiaomi supaya semua pengaturan dan file sistem kembali ke dalam kondisi default bawaan pabrikan.

Umumnya proses reset Xiaomi bisa mengatasi berbagai masalah terkait menu error, Bootloop, HP sering mati sendiri meski bateria penuh, HP lemot, Wi-Fi error dan lain sebagainya.

8. Flash ulang firmware

Bilamana seluruh cara diatas tidak berpengaruh dan HP Xiaomi tetap trouble, silahkan lakukan flashing ulang terhadap firmwarenya.

Melakukan flashing tentunya tidak semua pemilik smartphone bisa melakukannya, silahkan datang ke service center Xiaomi atau ke tempat servis terpercaya di kota anda.

Demikianlah ulasan tentang beberpa penyebab HP Xiaomi sering macet atau mati sendiri dan cara mengatasinya, semoga bisa bermanfaat.


Emoticon Emoticon