07/10/2018

Mengatasi HP Andromax Cepat Panas dan Baterai Gampang Drop

Banyak permasalahan seputar HP Android semisal Smartfren Andromax yang cepat panas dan baterai gampang drop, dan tentunya ada kekhawatiran sendiri saat suhu tinggi di dalam ruang komponen HP seperti kerusakan hardware, menurunnya kinerja sistem sehingga ponsel jadi lemot dan lain sebagainya.

Mengatasi Andromax cepat panas dan baterai drop

Panas di HP android sebenarnya wajar terjadi selama rentang sushunya masih bisa ditolerir oleh komponen CPU didalamnya. Dimana seluruh kinerja hardware dalam smartphone menggunakan arus listrik dari baterai dan semakin meningkat kerjanya maka semkin tinggi suhu yang dihasilkan sehingga terasa panas saat bodi HP dipegang.

Bagi anda pengguna HP Smartfren andromax yang merasa ponselnya terasa panas tidak normal padahal tidak sedang digunakan untuk main game, nonton video berdurasi panjang atau menjalankan aplikasi berat lainnya, memang perlu waspada.

Dimana normalnya ponsel android dalam keadaan diam tidak digunakan, seharusnya tidak sampai panas, meski sebagian terasa hangat saja karena kinerja jaringan data, kondisi sinyal lemah dan sebab lainnya.

Simak tutorial Cara mengatasi Modem WiFi Andromax gagal konek ke Internet

Begitu juga saat merasa baterai HP andromax cepat habis (drop) meski baru saja dicas, itu juga permasalahan tersendiri yang harus dicarai penyebabnya, apakah karena sistem bermasalah atau memang baterai sudah berumur dan kinerjanya menurun.

Cara mengatasi HP Smartfren panas dan baterai cepat Habis

Bagi anda yang punya andromax L R E2 R2 A SE atau andromax smartfren lainnya, bisa menyimak beberapa penyebab dan solusi mengatasi baterai gampang habis serta ponsel cepat panas berikut ini:

1. Pengaruh Sinyal HP dan Jaringan data

Sinyal hp andromax lemah

Tangkapan sinyal yang lemah dan cenderung putus nyambung bisa menyebabkan kinerja komponen penala sinyal di ponsel bekerja ekstra. sehingga hardware akan lebih cepat panas dan arus baterai akan cepat habis dari waktu normalnya.

Sejurus dengan sinyal yang lemah, lalu anda menyalakan koneksi data internet dari kartu selular menyebabkan Suhu Ponsel Andromax tinggi dan menguras daya baterai.

Jadi pastikan dulu tangkapan sinyal bagus sehingga saat ponsel digunakan berselancar di internet tidak cepat membuat baterai drop dan suhu ponsel tinggi.

2. Jangan Cas Baterai sambil main HP

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna smartphone android yakni bermain Game, Nonton streaming video atau menjalankan aplikasi berat lainnya.

Akibat main game sambil cas HP akan membuat baterai cepat melembung dan rusak sebelum waktunya. Tidak hanya main game saja, menjalankan aplikasi secara aktif terus menerus dalam kondisi ponsel diisi daya juga menyebabkan HP panas.

Arus masuk dan keluar dari proses cas saat kita bermain HP akan membuat kinerja komponen semakin tinggi dan bila terus menerus dilakukan, akan merusak komponen didalamnya.

Jadi usahakan cas baterai HP sampai full dan tahan jangan menggunakan ponsel kecuali hanya dalam keadaan darurat, seperti membalas inbox masuk, dan kegiatan penting lainnya.

Simak juga tips Membuat Status WA tidak terlihat oleh kontak tertentu

3. Banyak Aplikasi berjalan di background

banyak aplikasi memberatkan sistem android

Seringkali membuka aplikasi lalu beralih ke aplikasi lain tanpa menutup dengan sempurna app sebelumnya, bisa mempengaruhi kinerja RAM dan juga prosesor dalam HP android.

Jadi anda pengguna HP Smartfren andromax yang merasa ponsel lemot, membuka aplikasi terasa berat padahal sebelumnya lancar, dan cenderung ponsel panas silahkan tutup semua aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Anda bisa menutup semua aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya dengan memanfaatkan tombol recent task, dengan sekali klik maka semua aplikasi akan tertutup dengan sempurna.

4. Aplikasi tidak terpakai




Banyak aplikasi tidak terpakai yang jarang kita gunakan juga berpotensi menyebabkan HP andromax terasa lelet, cepat panas dan baterai drop.

Dan contoh aplikasi yang tidak terpakai namun masih berjalan di balik layar adalah tipe aplikasi sosial media seperti WhatsApp, BBM, Line, instagram, FB dan lain sebagainya.

Jadi sebaiknya uninstall (copot) saja app yang tidak terpakai dan jarang dijalankan, nanti kita bisa memasang ulang aplikasi saat sedang dibutuhkan.

5. Matikan GPS dan fitur jaringan tidak terpakai

Perlu diketahui, fitur GPS sering menjadi penyebab baterai HP boros dan ponsel cepat panas. Begitu juga Bluetooth dan hotspot yang masih aktif saat tidak digunakan.

Jadi pastikan GPS, Bluetooth dan Hotspot di HP andromax smartfren anda matikan bila tidak sedang digunakan.

Baca juga Tutorial Cara membuat tidak tampak Online saat menjalankan FB

6. Overclocking prosesor HP

Jangan tergiur dengan aplikasi overclocking chipset CPU smartphone yang menjanjikan kinerja sistem meningkat dari standar pabrikan.

Proses overclocking prosesor akan meningkatkan speed CPU dan bila berlebihan akan menyebabkan ponsel cepat panas serta baterai cepat habis.

Jadi rekomendasi admin adalah hindari overclocking untuk ponsel yang sudah disetting sedemikian rupa oleh pihak pabrikan agar kedepannya HP android tidak cepat rusak.

7. Jangan Tempatkan HP di area Panas

Jangan biasakan berlama-lama menempatkan ponsel android smartfren anda di area yang terpapar sinar matahari langsung atau komponen elektronika lain yang bersifat menyebarkan panas.

Paparan panas di bodi ponsel akan menyebabkan suhu dalam ruang komponen HP meningkat dan suhu baterai juga tinggi, sehingga smartphone bisa rusak sebelum saatnya.

8. Jangan melakukan Multitasking

Multitasking aplikasi di HP android berarti kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi lain dengan sempurna.

Apalagi HP android yang sudah mempunyai fitur split screen atau menjalankan dua aplikasi dalam satu layar, lebih rentan kehabisan kapasitas RAM dan kinerja prosesor lebih tinggi.

Pastikan menutup aplikasi sebelum membuka aplikasi lainnya supaya terhindar dari penggunaan resource CPU berlebihan.

Itulah beberapa penyebab HP andromax cepat panas dan baterai cepat drop, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon