09/10/2018

Solusi Mengatasi Modem WiFi Andromax Sulit Konek Internet

Solusi Mengatasi Modem WiFi Andromax Sulit Konek Internet

Sudah punya Modem WiFi (MiFi) Smartfren Andromax tapi selalu gagal konek ke Internet ?, anda tidak sendirian banyak pengguna modem portable Andromax yang mengalami trouble saat ingin terhubung ke jaringan internet 4G LTE, baik itu melalui Perangkat Smartphone atau Laptop (Komputer).

Modem WiFi andromax trouble connect internet

Bakhan kalau anda mencari tips di Google, banyak yang keluhan Andromax M2Y dan M3Y tidak konek ke internet. Meski ada juga pengguna MiFi smartfren lain yang mengalami keluhan sama semisal tipe Andromax M3Z M3S M6 M5 serta Huawei E5673. Dimana beberapa keluhan trouble jaringan menjadi masalah tersendiri saat kuota data masih ada dan berasumsi kalau smartphone atau laptop miliknya juga tidak ada trouble.

Adapun masalah pada Router atau Modem WiFi andromax yang sering dialami penggunanya selain gagal terhubung ke internet diantaranya Tidak dapat konek ke Laptop atau HP tertentu, MiFi tidak terdeteksi di HP, Terhubung namun sebentar kemudian terputus dan lain sebagainya.

Adapun Keluhan pada saat perangkat tidak terhubung ke sambungan data bisa juga terjadi karena masalah pada jaringan kartu Smartfren, Jadi tidak melulu soal settingan APN atau sistem di perangkat Modemnya.

Penyebab Andromax MiFi gagal terhubung ke internet


Sebelum melangkah ke sesi tutorial mengatasi masalah Modem WiFi, lebih baik kita cek dulu syarat standar dari sisi modem untuk bisa terkoneksi ke jaringan data smartfren 4G LTE.

Salah satunya dengan mengecek sisa kuota data kartu smartfren yang ada di dalam modem Andromax apakah masih ada. Kemudian pastikan Modem sudah memperoleh tangkapan sinyal yang bagus, tidak lemah atau cenderung naik turun drastis.

Simak juga pembahasan Mengatasi HP Andromax smartfren cepat panas dan baterai drop

Dan apabila anda baru pertama kali membeli kartu Smartfren untuk di Modem Andromax, maka wajib registrasi dahulu menggunakan Nomor KTP dan KK, bila tidak maka fitur data tidak akan bisa digunakan. Simak juga Cara Cek registrasi Smartfren berhasil atau gagal




Cara Mengatasi Modem Andromax Gagal Konek Internet

Yang perlu diingat, meskipun modem WiFi smartfren andromax bisa berbagi internet sampai lebih dari 10 perangkat atau bahkan untuk beberapa tipe MiFi bisa 32 client, semakin banyak yang terhubung maka semakin berat pula beban yang diterima sistem modem, kecepatan juga terbagi dan kuota data juga lebih cepat terkuras.

Langsung saja kita simak bagaimana solusi mengatasi Modem WiFi andromax yang tidak dapat terhubung ke internet, berikut ini :

1. Menghubungkan ke Smartphone / Laptop

Langkah pertama yang bisa dicoba yakni coba koneksikan HP anda ke router modem Andromax, Bila berhasil silahkan coba menghubungkan perangkat lain semisal laptop atau smartphone lain juga bisa.

Meskipun kita belum memastikan adanya sambungan data, namun bisa dipastikan kalau MiFi andromax tidak ada masalah dengan jaringan Wireless-nya.

2. Masuk ke Settingan Router MiFi

Saat sudah dapat terkoneksi ke Modem, silahkan akses administrator jaringan router dengan login ke modem Andromax.

Setelah login ke halaman router WiFi, silahkan cek settingan APN Smartfren apakah benar atau tidak. Kesalahan isian APN Internet di Modem akan berakibat tidak dapat konek ke jaringan data 4G LTE smartfren.

3. Restart ulang MiFi

Sebagai alat hotspot WiFi portable, Modem andromax juga bisa mengalami masalah sistem atau crash jaringan. Coba restart ulang Mifi, dan bisa dicoba lepas baterai router untuk beberapa saat kemudian pasang kembali dan nyalakan.

Dengan mereboot MiFi bisa berguna untuk menstabilkan tangkapan sinyal smartfren dan juga merefresh jaringan WiFi ke klien yang terhubung.

4. Restart Laptop / HP

Bila masalahnya smartphone atau laptop tidak dapat mendeteksi nama SSID modem andromax maka bisa jadi sistem ponsel sedang bermasalah. Coba restart ulang HP/laptop anda agar sistem kembali berjalan normal dan bisa mendeteksi jaringan dengan baik.

5. Reset ulang modem Andromax

Saat semua cara diatas sudah dilakukan namun Router MiFi tetap bermasalah tidak konek ke internet maka lakukan saja reset ulang ke pengaturan default-nya.

Cara Mereset Modem andromax mudah sekali, Buka penutup baterai dan di balik tempat beterai itulah tombol reset berada. Silahkan tekan untuk beberapa saat sampai proses reset router berlangsung dan siap untuk disetting ulang setelahnya.

Itulah beberapa penyebab serta solusi mengatasi trouble jaringan internet tidak terhubung di perangkat Modem Andromax yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon