01/03/2018

Apa itu QR kode WhatsApp dan apa fungsinya?

Arti dan fungsi Kode QR WhatsApp - Mungkin bagi beberapa pengguna aplikasi WhatsApp masih belum tahu mengapa WhatsApp selalu dikaitkan dengan adanya Barcode (Kode batang) atau yang sebenarnya merupakan QR Code, apa sebenarnya fungsinya dan mengapa harus pakai QR kode ketika ingin mengakses aplikasi WhatsApp di WEB Browser?, untuk menjawabnya mari simak ulasan yang admin sajikan berikut ini.

Arti dan fungsi Kode QR WhatsApp

Sebenarnya kesalahan kalau QR Code disebut sebagai BarCode, dimana kedua jenis pengkodean tersebut sudah berbeda dan kecanggihannyapun berbeda pula. Dimana untuk Kode QR lebih canggih dibanding dengan barkode yang sudah lama kita jumpai di berbagai pertokoan atau label-label barang di supermarket untuk mempermudah menginput dan mengenali jenis barang tersebut hanya berbekal alat scanner barkode.

Untuk aplikasi WhatsApp memang tidak menggunakan barkode, tapi menggunakan pengkodean yang lebih canggih yakni QR Code. Dimana Kode QR merupakan pengkodean dua dimensi yang saat ini sudah banyak diimplementasikan untuk berbagai keperluan dan kegunaannya lebih kompleks dibanding dengan kode batang (Barcode).

QR code sendiri dikembangkan oleh pihak Denso Wave, yakni sebuah perusahaan yang berpusat di Negara Jepang. Diciptakannya kode QR bertujuan untuk menyampaikan informasi yang sederhana sampai yang detail hanya berbekal pengkodean berupa image kotak-kotak kecil yang dapat dibaca oleh pemindai QR.

Pada QR kode penyimpanan data informasi didalamya dilakukan dengan tipe horisontal dan juga vertikal sehingga informasi yang bisa disimpan didalamnya lebih banyak daripada menggunakan kode batang (barcode) yang hanya bisa menyimpan sedikit informasi karena pembacaannya hanya bersifat Horisontal saja.

Simak juga:

Fungsi QR Kode di WhatsApp

Kembali pada topik semula, lalu apakah fungsinya kode QR di whatsApp dan mengapa harus pakai kode QR segala tidak menggunakan password dan semacamnya?

Izin masuk (Keamanan akun)

Fungsi utama adanya kode QR yang harus dipindai oleh pemilik akun ketika ingin membuka aplikasi whatsApp versi Web ata versi PC mewajibkan peggunannya melakukan scan dari ponsel yang berisi akun utama whatsApp untuk akses masuk dan fungsi keamanan.



Jadi ketika semisal ada orang lain ingin membobol akun WhatsApp anda, dan orang tersebut tidak memegang ponsel yang berisi akun nomor WhatsApp maka orang tersebut tidak akan bisa melakukan scanning code QR dan gagal masuk.

Intinya, Kode QR hanya bisa di scan atau dipindai dengan menggunakan ponsel dari pemilik akun WA apabila ingin menjalankan WhatsApp dari akun tersebut di veri Web atau komputer.

Kode QR Dinamis

Begitu juga dari sisi keamanan pihak google sebagai pemilik aplikasi WhatsApp sudah membuat Kode QR yang tampil di komputer yang nantinya bisa di scan bersifat Dinamis.

Maksudnya, apabila pengguna whatsApp web pertama kali mendapati halaman dengan kode QR tampil dan tidak segera melakukan pemindaian kode maka setelah beberapa menit berlalu kode tersebut akan berubah.

Perubahan bentuk dan pengkodean kode QR di tampilan whatsApp Web berguna untuk keamanan pengguna akkun itu sendiri, agar image dari kode QR tidak dapat digunakan lagi walau sudah disimpan dalam format file gambar untuk dipindai di kemudian waktu.

Bagaimana, sudah mulai tahu apa itu fungsi atau kegunaan kode QR di aplikasi whatsApp ?, semoga ulasan singkat dri admin diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo.com semuanya, terima kasih.


Emoticon Emoticon