22/11/2019

Mengamankan WhatsApp dengan Fitur Kunci Sidik Jari

Untuk mengamankan aplikasi WhatsApp supaya tidak bisa sembarang orang mengaksesnya saat ini bisa menggunakan fitur penguncian dengan sidik jari. Tentunya fungsi keamanan ini bisa digunakan pada smartphone yang memiliki sensor fingerprint.

mengaktifkan kunci sidik jari whatsAPP

Meski saat ini hampir semua smartphone android keluaran terbaru yang sudah memiliki konci sidik jari ada fitur khusus keamaan untuk mengunci setiap aplikasi yang diinginkan. Tapi bagi sobat yang hanya menginginkan dobel keamanan pada whatsapp bisa menggunakan fitur kunci sidik jari yang sudah disediakan di dalam aplikasi.

Intinya, fitur ini nantinya berguna untuk melindungi orang lain mengakses akun WhatsApp anda meskipun sebelumnya berhasil membuka kunci layar ponsel. Jadi saat orang lain mengetahui sandi masuk untuk screen lock, orang tersebut tidak akan bisa membuka aplikasi WA karena harus diverifikasi dulu dengan metode scan sidik jari.

Simak juga Tips Agar Kiriman Foto / Video WhatsApp Tidak Masuk Otomatis di Galeri, Serta Cara Simpan Foti=o dan Video Status Teman ke Memori HP.

Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk Mengunci WhatsApp dengan pemindai sidik jari:

1. Pertama kali pastikan anda sudah meng-update aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru. Bila belum yakin apakah versi anda up-to-date, silahkan buka play store, lalu klik pada opsi menu di pojok kiri atas, lalu pilih "Aplikasi Saya".

2. Pastikan juga anda sudah mengaktifkan fingerprint untuk keamanan Layar, Bila belum silahkan daftarkan dulu sidik jari sobat supaya sistem mengenalinya.

3. Bila WhatsApp sudah versi terbaru dan Kunci layar dengan sidik jari juga sudah diaktifkan, silahkan buka aplikasi WA lalu masuk ke bagian menu di pojok kanan atas.

Mengunci whatsapp dengan sidik jari

4. Pilih Setelan, kemudian klik Akun > Privasi > Kunci Sidik jari

5. Pada pilihan 'Buka kunci dengan sidik jari' geser slider agar aktif. Lalu tempelkan sidik jari anda saat ada perintah untuk Konfirmasi.

6. Ada 3 pilihan untuk mengatur penguncian otomatis, yaitu Segera, Setelah 1 Menit dan Setelah 30 Menit, Pilih sesuai selera sobat. Agar lebih aman, pilih saja opsi 'Segera' agar saat anda keluar dari Whatsapp maka bila membukanya lagi akan meminta scan sidik jari.

Menu kunci aplikasi WA dengan fingerprint

7. Bila ingin menonaktifkan fitur penguncian fingerprint, ulangi cara diatas dan geser slider ke kiri.

Meskipun WA terkunci, anda masih bisa menjawab apabila adda panggilan masuk. Begitu pula anda bisa menampilkan ringkasan pesan masuk di layar, bila tidak menginginkan bisa menonaktifkan opsi 'tampilkan konten di notifikasi' pada halaman kunci sidik jari.

Semoga tips mengamankan aplikasi WhatsApp agar tidak dibobol atau diakses orang lain saat ponsel anda berhasil dibuka kunci layarnya menggunakan penguncian fingerprint diatas bermanfaat, terima kasih.


Emoticon Emoticon